Polisi Data Warga yang Baru Melahirkan, Buru Pelaku Pembuang Bayi di Ciherang

JABARNEWS | PURWAKARTA – Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Purwakarta, dalam hal ini Kepolisian Sektor (Polsek) Purwakarta kota masih mengejar terduga pelaku pembuangan mayat bayi di sungai ciherang, kampung Munjul RT.036/RW.009, Kelurahan Munjuljaya, Kecamatan/Kabupaten Purwakarta.

Tubuh bayi berjenis kelamin perempuan itu pertama kali ditemukan oleh warga sekitar di pinggir sungai ciherang, Pada Jumat (19/3/2021) silam. Polisi menyebut jika ada dugaan mayat bayi terbawa arus dari wilayah utara ke selatan hingga ditemukan di wilayah Munjuljaya.

“Penemuannya itu kan Jumat (19/3/2021), kemungkinan bayi tersebut dibuang sekitar dua atau tiga hari sebelum ditemukan tersangkut di ranting bambu pinggir sungai ciherang. Jadi ada dugaan bayi dibuang dari arah hulu kemudian terbawa arus,” ujar Kapolres Purwakarta, AKBP Ali Wardana melalui Kapolsek Purwakarta Kota, Kompol H.Januaryono, saat ditemui di ruangan kerjanya, pada Rabu (24/3/2021).

Baca Juga:  Polres Purwakarta Kirimkan Puluhan Personelnya Ke Subang, Ada Apa Ya?

Ia menjelaskan jika sampai saat ini masih kesulitan menemukan terduga pelaku atau orang tua bayi tersebut. Disamping itu dari keterangan dokter, usia bayi baru sekitar 2-3 hari saat ditemukan.

“Artinya dari keterangan yang kami dapat, bahwa bayi sudah berumur 2-3 hari, setelah itu baru ditemukan di pinggir sungai ciherang di wilayah Munjuljaya. Kami tidak bisa memastikan apakah memang ada orang yang membuang dari wilayah utara hingga terseret arus atau ada orang yang melakukan di wilayah sekitar penemuan,” jelas H.Januaryono.

Baca Juga:  Ingin Kehadirannya Dirasakan Masyarakat, Uu Ruzhanul Ulum Datangi Rutilahu di Majalengka

Ia menambahkan, penyelidikan akan tetap dilakukan, termasuk mengerahkan para Babinkantibmas untuk mencari informasi soal kelahiran dari masyarakat sekitar.

“Belum ada petunjuk yang mengarah pada pelaku. Data sementara masih minim. Kami juga akan mencari tahu apakah dalam kurun waktu itu warga sekitar ada yang melahirkan. Penyelidikan masih kami lanjutkan lagi,” terang perwira polisi yang pernah menjabat sebagai Kapolsek Wanayasa itu.

Ditanya perihal sosok pelaku yang merupakan pelajar atau mahasiswi, Kapolsek tidak bisa berandai-andai. Dirinya masih terus melakukan penyelidikan dan berupaya mengungkap pelaku pembuangan bayi yang sesungguhnya.

“Belum bisa berandai-andai siapa pelaku sebenarnya. Yang jelas kasus ini masih kami dalami lagi,” tungkas H.Januaryono.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Harian Gemini, Anda Mungkin Mengalami Kebingungan Sebagai Akibat dari Gangguan Komunikasi

Diberitakan sebelumnya, jasad bayi berjenis kelamin perempuan itu pertama kali ditemukan oleh warga sekitar dengan begitu memprihatinkan, posisinya berbaring miring dalam keadaan ari-ari masih menempel pada tali pusar.

Pihak Kepolisian Polsek Purwakarta kota dan Unit Reskrim Polres Purwakarta mengevakuasi jasad bayi ke RSUD Bayu Asih Purwakarta.

Polisi juga belum dapat menyimpulkan penyebab bayi perempuan meninggal akibat dibunuh atau tenggelam di sungai.

“Dugaan sementara bayi yang baru di lahirkan langsung di buang, karena ari-ari masih menempel. Kasus ini dalam penyelidikan, Satreskrim Polres Purwakarta,” tutur H.Janauaryono. (Gin)