• Sabtu, 4 Desember 2021

Manfaat Daun Perilla Yang Banyak Disajikan Dalam Hidangan Korea

- Selasa, 21 September 2021 | 16:34 WIB
Daun Perilla (Foto: Idntimes)
Daun Perilla (Foto: Idntimes)

JABARNEWS | BANDUNG - Daun Perilla biasanya dikonsumsi sebagai bungkusan. Daun perilla akan diisi dengan irisan daging dan pelengkap lainnya. Kemudian daun ini akan digulung dan langsung dikonsumsi.

Selain sebagai bungkusan, daun perilla juga bisa dimasak. Oleh masyarakat korea biasanya olahan daun perilla dijadikan makanan pendamping seperti kimchi. Namun siapa sangka, daun ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.

Berikut beberapa manfaat daun perilla bagi kesehatan tubuh yakni:

Pertama. Meredakan Alergi - Daun perilla mengandung senyawa aktif bernama asam rosmarinat. Menurut dr. Steven Bratman, asam rosmarinat bersifat anti radang yang dapat mengurangi gejala alergi.

Daun perilla bisa membantu meredakan beberapa kondisi alergi seperti alergi kronis, alergi musiman, reaksi alergi akibat makanan (ikan dan kacang tanah), dan alergi sengatan lebah.

Kedua. Mencegah dan Menghambat Kanker - Menurut sebuah penelitian tahun 2012, zat perillyl alcohol dalam daun perilla bermanfaat untuk pengobatan kanker. Zat perillyl alcohol diduga dapat menghambat perkembangan tumor pada kanker kulit.

Ketiga. Mengobati Autoimun - Peneliti dari University of Maryland Medical Center melakukan penelitian pada hewan coba dengan menggolongkan daun perilla sebagai sumber makanan tinggi asam omega-3.

Omega-3 telah lama dikaitkan manfaatnya untuk mengelola gejala penyakit autoimun seperti rheumatoid arthritis, lupus, dan asma. (Red)

Editor: Muhammad Amaludin

Tags

Terkini

Tiga Tips Menjaga Suhu Dalam Rumah Agar Tetap Nyaman

Jumat, 3 Desember 2021 | 11:05 WIB

Ternyata Ini Alasannya Kenapa Pria Suka Wanita Jutek

Kamis, 2 Desember 2021 | 19:05 WIB
X