Manfaat Daun Perilla Yang Banyak Disajikan Dalam Hidangan Korea

JABARNEWS | BANDUNG – Daun Perilla biasanya dikonsumsi sebagai bungkusan. Daun perilla akan diisi dengan irisan daging dan pelengkap lainnya. Kemudian daun ini akan digulung dan langsung dikonsumsi.

Selain sebagai bungkusan, daun perilla juga bisa dimasak. Oleh masyarakat korea biasanya olahan daun perilla dijadikan makanan pendamping seperti kimchi. Namun siapa sangka, daun ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.

Baca Juga:  Pemilik Terharu, Polres Sumedang Rombak Rumah Warga

Berikut beberapa manfaat daun perilla bagi kesehatan tubuh yakni:

Pertama. Meredakan Alergi – Daun perilla mengandung senyawa aktif bernama asam rosmarinat. Menurut dr. Steven Bratman, asam rosmarinat bersifat anti radang yang dapat mengurangi gejala alergi.

Daun perilla bisa membantu meredakan beberapa kondisi alergi seperti alergi kronis, alergi musiman, reaksi alergi akibat makanan (ikan dan kacang tanah), dan alergi sengatan lebah.

Baca Juga:  Nipu Calon Naker, Pemilik Akun Palsu Facebook Dibekuk Polisi

Kedua. Mencegah dan Menghambat Kanker – Menurut sebuah penelitian tahun 2012, zat perillyl alcohol dalam daun perilla bermanfaat untuk pengobatan kanker. Zat perillyl alcohol diduga dapat menghambat perkembangan tumor pada kanker kulit.

Baca Juga:  Lima Spot Foto Prewedding Bertema Alam Yang Ada Di Purwakarta

Ketiga. Mengobati Autoimun – Peneliti dari University of Maryland Medical Center melakukan penelitian pada hewan coba dengan menggolongkan daun perilla sebagai sumber makanan tinggi asam omega-3.

Omega-3 telah lama dikaitkan manfaatnya untuk mengelola gejala penyakit autoimun seperti rheumatoid arthritis, lupus, dan asma. (Red)