Begini Cara Mengecat Ulang Tembok Tua, Perhatikan Tahapannya!

JABARNEWS | BANDUNG – Untuk cat tembok, mungkin akan berubah seiring dengan usia bangunan. Biasanya, setelah 5 tahun cat dinding perlu dicat kembali. Ada cara untuk mengecat tembok tua. Hal itu sayangnya jarang diketahui.

Karena hal itu, kalian mesti mengetahui sejumlah cara untuk mengecat tembok tua dengan benar. Lalu, bagaimana cara mengecat tembok tua dengan benar?

Berikut beberapa cara mengecat tembok tua dengan benar yakni:

Baca Juga: Untuk Mengatasi Jerawat Yang Terus Bermunculan, Dr. Zaidul Akbar: Banyakin Ini

Baca Juga: Nama ‘Bu Risma’ Tranding Twitter Karena Ini , Netizen: Beliau Mestinya Aware

Pertama. Periksa Kondisi Cat tembok tua- Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memeriksa secara teliti kondisi cat pada tembok tua. Adakah bagian cat tembok yang rusak seperti mengapur atau bahkan mengelupas.

Baca Juga:  Banjir Landa Ciasem, Rendam Ratusan Rumah

Baca Juga: Hebat! Siswa SDN Pasawahan Kidul Purwakarta Bisa Bikin Pupuk Cair Berbahan Sederhana

Baca Juga: Bupati Cirebon: Masyarakat Harus Berani Laporkan ASN yang Lakukan Pungli

Tipsnya, untuk mengetahui cat dinding mengapur atau tidak. Lakukan tes gosok dengan menggunakan tangan pada beberapa titik. Bila kamu menemukan kondisi itu, disarankan untuk mengupas cat lama terlebih dahulu hingga bersih.

Kedua. Bersihkan Cat pada tembok tua – Cara mengecat tembok lama selanjutnya adalah memastikan permukaan dinding dalam kondisi bersih. Untuk itu, kamu harus mengerok atau mengelupas cat tembok lama bila ada bagian yang rusak.

Baca Juga:  Warga Bandung Timur dan Selatan Segera Nikmati Air PDAM

Akan tetapi jika cat tembok rumah yang lama tidak mengalami masalah serius, cukup dibersihkan dari debu dan kotoran saja.

Ketiga. Aplikasikan Cat Dasar – Sebagai treatment bagian tembok yang tidak rata, kamu bisa mengaplikasikan cat dasar tembok alias plamir. Lapisan dasar tersebut juga berfungsi untuk semakin memperkuat antara lapisan cat dengan permukaan tembok.

Baca Juga: Ternyata Ini Penyebab Tangan Dan Kaki Berkeringat Walau Di Ruangan AC

Baca Juga: Tiga Usaha Di Bidang Pariwisata Yang Sebagai Bisnis Potensial

Untuk diketahui, plamir berwarna putih dan kamu harus menggunakan kape untuk mengoleskannya ke permukaan tembok. Berikan plamir ke permukaan dinding secara merata. Kemudian, tunggu beberapa saat hingga mengering sempurna.

Baca Juga:  Dua Anggota DPRD Jabar Terjerat Korupsi, Pengamat Soroti Lemahnya Partai Integritas

Baca Juga: Media Center Peliputan PON XX Papua 2021 Resmi Dibuka

Baca Juga: Hebat! Siswa SDN Pasawahan Kidul Purwakarta Bisa Bikin Pupuk Cair Berbahan Sederhana

Keempat. Mulai Lakukan Pengecatan – Setelah tembok sudah rata dengan lapisan plamur, kini saatnya melakukan pengecatan sebagai lanjutan dari cara mengecat tembok lama. Kamu bisa menggunakan kuas cat tembok bila bidang yang dicat tidak terlalu luas.

Lain halnya kalau dinding berukuran besar. Kamu dapat memakai roller dan kuas secara bersamaan. Awali pengecatan pada bagian sudut dinding. Perhatikan arah pengecatan secara teratur dari posisi paling atas menuju ke bawah. ***