Sudah Memasuki Musim Hujan, Kalian Mesti Waspadai Penyakit Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Saat ini sudah mulai memasuki musim hujan. Karena hal tersebut, kalian mesti hati-hati dengan beberapa jenis penyakit yang biasanya banyak menyerang masyarakat.

Ada sejumlah penyakit yang sering menyerang masyarakat. Hal ini tentunya mesti kita waspadai. Lalu, penyakit jenis apa saja yang sering muncul ketika musim hujan?

Dilansir dari laman sehatnegeriku.kemkes.go.id berikut berapa penyakit yang sering menyerang ketika musim hujan yakni:

Baca Juga: Dr.Sung Mengatakan Dengan Mengkonsumsi Makanan Ini Bisa Menurunkan Berat Badan Dan Lancarkan Pencernaan

Baca Juga: Begini Cara Menyambungkan HP Ke TV Dengan Mudah

Pertama. Diare – Penyakit Diare sangat erat kaitannya dengan kebersihan individu (personal hygiene). Saat banjir, sumber-sumber air minum masyarakat, khususnya sumber air minum dari sumur dangkal akan tercemar.

Baca Juga:  Kemenag Purwakarta: Cegah Karim Lewat Majelis Taklim

Baca Juga: Satgas Citarum Harum Bersihkan Eceng Gondok Tumbuh Subur di Waduk Jatiluhur

Baca Juga: Ternyata Ini Penyebab Wanita Berpotensi Lebih Tinggi Mengalami Kerontokan Rambut Dibandingkan Pria

Disamping itu pada saat banjir biasanya akan terjadi pengungsian di mana fasilitas dan sarana serba terbatas termasuk ketersediaan air bersih. Itu semua menjadi potensial menimbulkan penyakit diare disertai penularan yang cepat.

Kedua. Demam berdarah – Peningkatan tempat perindukan nyamuk Aedes aegypti yaitu nyamuk penular penyakit demam berdarah terjadi saat musim hujan. Hal ini dikarenakan pada saat musim hujan banyak sampah misalnya kaleng bekas, ban bekas serta tempat-tempat tertentu terisi air dan terjadi genangan untuk beberapa waktu.

Baca Juga:  Mengenal Ragam Manfaat Gedebog Pisang Bagi Kesehatan Tubuh, Yuk Simak!

Genangan air itu yang menjadi tempat berkembang biak nyamuk. Dengan meningkatnya populasi nyamuk sebagai penular penyakit, maka resiko terjadinya penularan juga semakin meningkat.

Baca Juga: Aksi Sopir Elf di Cianjur Berlanjut, Protes Maraknya Travel Gelap Diwarnai Pembakaran Ban

Baca Juga: Nasib Vaksin Nusantara: Tak Dapat Izin BPOM Hingga Belum Terhubung PeduliLindungi

Baca Juga:  Keren! Seniman Asal Cianjur Ini Ciptakan Banyak Karya dari Bahan Bekas

Untuk itu masyarakat diharapkan ikut berpartisipasi secara aktif melalui gerakan 3M yaitu mengubur kaleng-kaleng bekas, menguras tempat penampungan air secara teratur dan menutup tempat penyimpanan air dengan rapat.

Baca Juga: Yuk Simak Cara Menggunakan Serum Wajah Dengan Benar

Ketiga. Leptospirosis – Penyakit leptospirosis disebabkan oleh bakteri yang disebut leptospira. Penyakit ini termasuk salah satu penyakit zoonosis, karena ditularkan melalui hewan.

Di Indonesia hewan penular utamanya adalah tikus melalui kotoran dan air kencingnya. Pada musim hujan khususnya ketika banjir, tikus-tikus yang tinggal di liang-liang tanah akan ikut keluar menyelamatkan diri. ***