Ayam Percik, Kuliner Khas Malaysia yang Nikmat

JABARNEWS | BANDUNG – Malaysia adalah Negara tetangga Indonesia yang termasuk ke dalam wilayah Asia Tenggara. Penduduknya terdiri dari tiga etnis utama, yakni Melayu, India dan China. Karena itu Malaysia memiliki keragaman kuliner seperti ayam percik.

Bagi kamu penggemar masakan Melayu, tentu sudah kenal dengan menu yang satu ini, namanya ayam percik. Makanan khas Malaysia ini memiliki banyak penggemar di Indonesia. Rasa ayam dan kuahnya terasa sangat gurih, karena dimasak memakai bumbu dan rempah yang khas.

Ayam percik adalah kuliner berbahan dasar ayam yang diolah dengan berbagai jenis rempah. Di Malaysia terkenal dua jenis ayam percik yang dibedakan berdasarkan tempatnya, yakni Kelantan dan Terengganu.

Baca Juga:  Mahasiswa Pertambangan Himbau Pemerintah Cepat Tanggapi Bencana

Baca Juga: Mahasiswa bandung Gelar Aksi Duathun Kepemimpinan Jokowi, Indonesia Tak Baik-baik Saja

Baca Juga: Selama 115 Hari dari Aceh, Warga Semarang Ini Terdampar di Cianjur

Cara memasak ayam percik pun dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari digoreng hingga dipanggang. Di Malaysia terdapat dua jenis ayam percik yang sesuai dengan kategori tempat asalnya, yaitu Ayam Percik Trenggannu dan Ayam Percik Kelantan.

Baca Juga: Efek Domino Virus Corona, Pemuda Miliki Peran Besar di Masa Transisi Saat Ini

Baca Juga:  Ridwan Kamil Minta Anak Pemuda Hati-hati Berkarir di Era Industri 4.0, Kenapa?

Baca Juga: Data Berbasis SDGS Desa Guna Pastikan Kemajuan Wilayah Desa

Ayam percik khas Kelantan memiliki ciri khas berupa bumbu campuran santan serta berbagai rempah-rempah yang membuatnya menjadi kuah yang istimewa. Sedangkan Ayam Percik Trengganu menggunakan tambahan bumbu cabai untuk menambah cita rasa pedas.

Untuk membuat makanan khas Malaysia ini, ayam harus direndam ke dalam bumbu dan rempah terlebih dahulu sebelum dipanggang sampai terlihat sedikit hangus. Setelah itu, ayam yang sedang dipanggang akan “dipercik” sehingga disebut dengan Ayam percik.

Baca Juga:  Pasca Bom Bunuh Diri, Polri Tangkap 13 Terduga Teroris di Tiga Daerah

Baca Juga: Belasan Siswa di Kota Bandung Positif Covid-19 Hasil Swab Acak, Sekolah Ditutup?

Perbedaannya adalah jenis ayam percik Kelantan menggunakan saus dan bumbu dari campuran santan dan sejumlah rempah, beda dengan ayam percik Trengganu yang dibuat dengan tambahan bumbu cabai sehingga rasanya lebih pedas dan menggugah selera.

Baca Juga: Tiga Mitos Agar Cepat Hamil, Salah Satunya Makan Toge

Saat sudah selesai dipanggang, sebelum disajikan ayam kembali dibalur dengan saus sehingga aroma dan cita rasanya tetap terjaga dari luar dan dalam ayam. ***