Ini Dia Faktor Penyebab Penyakit Batu Ginjal yang Mesti Kalian Ketahui Menurut dr. Sun

JABARNEWS | BANDUNG – Penyakit batu ginjal merupakan salah satu masalah kesehatan yang kerap terjadi dikalangan masyarakat Indonesia. Selain itu, terdapat beberapa faktor penyebab penyakit tersebut.

Sejumlah faktor penyebab Penyakit batu ginjal ini sayangnya jarang diketahui. Oleh sebab itu kalian mesti mengetahui hal ini agar terhindar dari penyakit tersebut. Lalu, apa sajakah itu?

JabarNews.com melansir dari Channel Youtube @Dokter Sun yang diunggah pada 12 April 2021, dr. Suny Urfila Husab mengatakan ada beberapa faktor penyebab penyakit batu ginjal yakni:

Baca Juga:  Rumah Kontrakan di Purwakarta Jadi Tempat Memproduksi Miras Oplosan

Baca Juga: Cara Mengusir Kucing Liar Dari Rumah, Simak!

Baca Juga: Seluruh Kabupaten Kota di Jabar Wajib Jalankan 10 Program Pokok Ini, Apa Saja?

Pertama. Konsumsi Obat tertentu – dr. Suny Urfila Husab mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi obat tertentu secara jangka panjang ternyata bisa menyebabkan Penyakit batu ginjal.

Baca Juga: Yuk Simak! Tiga Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Baca Juga: Ridwan Kamil akan Sampaikan Pemulihan Sungai Citarum di Konferensi Dunia COP26

Contoh obat yang bisa menyebabkan Penyakit batu ginjal jika dikonsumsi jangka panjang menurut dokter sun yakni Sulfasalazine, sulfadiazine, indinavir dan masih ada beberapa lagi.

Baca Juga:  PPKM Darurat Pedagang Kelapa Hijau Untung Besar, Raup Jutaan Rupiah

Kedua. Hiperkalsiuria – Hiperkalsiuria atau kadar kalsium tinggi dalam urin tersebut bisa menjadi salah satu faktor penyebab penyakit satu ini.

Ini terjadi karena penyerapan kalsium pada usus dan juga menderita penyakit kelainan hormon seperti hiperparatiroid yang menyebabkan penyakit batu ginjal jenis batu kalsium.

Baca Juga: Ramalan Zodiak 2 November 2021: Ada yang Sedang Kesulitan Ekonomi

Baca Juga: Duh! Kabupaten Tasikmalaya Rawan Terjadi Konflik Sosial Jelang Pesta Demokrasi 2024

Baca Juga:  Menanti Kejujuran Ratna Sarumpaet Di Persidangan

Ketiga. Kurang minum dan sering menahan BAK – Kurang minum dan sering menahan buang air kecil juga ternyata bisa menjadi penyebab Penyakit batu ginjal.

Baca Juga: Soal Penghapusan Cuti Bersama Nataru 2022, Sandiaga Uno: Kita Tidak Ingin Kasus Covid-19 Meningkat

Keempat. Hiperurisemia – Hiperurisemia atau kadar asam urat meninggi di dalam darah yang disebabkan sering mengkonsumsi makanan yang tinggi protein. Hal tersebut juga menjadi faktor penyebab terjadinya penyakit batu ginjal. ***