Waspada! Ini Dampak Perubahan Iklim yang Bisa Terjadi Pada Kesehatan Tubuh

JABARNEWS | BANDUNG – Umumnya diketahui bahwa perubahan iklim hanya akan berdampak kepada lingkungan dan alam. Ternyata kondisi cuaca yang berubah-ubah secara drastis mampu mempengaruhi kesehatan tubuh manusia.

Maka dari itu, perubahan iklim yang ekstrim mesti kalian waspadai. Dengan begitu, kalian bisa mengantisipasi hal terburuk yang akan terjadi pada kesehatan tubuh kita.

JabarNews.com melansir dari laman dlh.semarangkota.go.id yang diunggah pada 19 November 2020, berikut beberapa dampak perubahan iklim pada kesehatan tubuh yakni:

Baca Juga: Sah! Menteri BUMN Erick Thohir Jadi Anggota Banser

Baca Juga: Koban Banjir di Serdang Bedagai Mulai Jenuh Tinggal di Posko Pengungsian

Baca Juga:  Kejati Jabar: Kasus Korupsi Jembatan Cisinga Segera Disidangkan

Pertama. Cuaca Panas Berlebihan Dapat Memicu Penyakit Jantung – Suhu udara yang meningkat secara signifikan dapat mempengaruhi kondisi kesehatan jantung.

Baca Juga: Tiga Cara Aman Dalam Menggunakan Media Sosial

Baca Juga: Polres Garut Minta Warga Setempat Waspada Banjir Bandang Susulan

Dan apabila seseorang mengalami dehidrasi serta terpapar panas yang ekstrim maka dapat berpotensi memicu kerusakan pada otak. Hal tersebut bisa dipastikan juga mempengaruhi perilaku manusia.

Kedua. Perubahan Iklim Mempercepat Tumbuhnya Penyakit Yang Berhubungan Dengan Air – Pada beberapa negara berkembang, tingginya curah hujan dapat mengancam suplai air bersih dan meningkatkan resiko penyakit seperti dehidrasi akut dan diare misalnya.

Baca Juga:  Buka KNK, Wagub Uu Ingatkan Pentingnya Komunikasi Vertikal

Padahal setiap tahunnya penyakit diare tercatat menimbulkan kematian pada kurang lebih 760.000 balita. Belum lagi masalah kontaminasi industrial yang dapat mempengaruhi kualitas air.

Ketiga. Menyebabkan Daya Imun Menurun – Selain panas yang ekstrim, cuaca dingin yang berlebihan juga bisa mengakibatkan daya imun tubuh menurun sehingga mudah terserang penyakit.

Baca Juga: Polres Asahan Gelar Vaksinasi Massal Covid-19 di Sembilan Titik, Targetkan Ribuan Orang

Baca Juga: Bank Bjb dan PT ASPM Kerjasama Potensi Bisnis Nasabah Bidang Peternakan Unggas

Pada masa pancaroba ini bukan hanya manusia yang tidak bisa selalu keluar rumah, akan tetapi bakteri-bakteri dalam tubuh juga akan terperangkap dan menyebabkan daya imun menurun.

Baca Juga:  Vaksinasi Lanjutan BIN Jabar di Kabupaten Sukabumi, Targetkan 1100 Dosis

Baca Juga: Pemukiman Warga Porak Poranda, Pemerintah Kabupaten Garut Bakal Telusuri Penyebab Banjir Bandang

Baca Juga: Terpeleset Saat Menjala Ikan, Seorang Nelayan Hilang Terseret Arus Sungai Cimandiri Sukabumi

Keempat. Cuaca Ekstrim Dapat Menimbulkan Penyakit Psikologis – Selaras dengan poin sebelumnya, perubahan cuaca yang ekstrim juga dapat menimbulkan penyakit psikologis bagi manusia.

Misalnya saja mereka yang tinggal di daerah rawan bencana alam. Tentunya akan banyak perubahan iklim serta traumatik tersendiri yang menimbulkan penyakit psikologis. ***