Punya Hak Istimewa, Tiga Orang Ini Tak Butuh Paspor untuk Perjalanan Luar Negeri

Paspor beberapa negara
Paspor beberapa negara. (foto: istimewa)

Dengan hak istimewa luar biasa ini, ketiga orang ini bisa melakukan perjalanan ke negara mana pun tanpa paspor. Ketiga orang istemewa dimaksud yaitu:

Kaisar dan Permaisuri Jepang

Paspor Jepang diketahui sebagai salah satu paspor terkuat di dunia karena warga negaranya dapat mengunjungi lebih dari 189 negara tanpa visa.

Baca Juga:  Terobosan Baru, Kini Warga Maniis Purwakarta Bisa Bikin Paspor di Kantor Kecamatan

Namun, khususnya untuk Kaisar Jepang, seperti Kaisar Naruhito, penguasa ke-126 dari Kekaisaran Jepang, dan istrinya, Permaisuri Masako, mereka memiliki keistimewaan untuk berkeliling dunia tanpa perlu membawa paspor.

Hal ini juga berlaku pada pendahulu Kaisar Naruhito, yaitu Kaisar Akihito, dan istrinya, Permaisuri Michiko (orang tua dari Kaisar saat ini). Kementerian Luar Negeri Jepang memutuskan bahwa Kaisar dan Permaisuri tidak perlu memiliki paspor, karena mereka, menurut legenda, merupakan keturunan langsung dari dewi matahari Amaterasu, dan oleh karena itu, dianggap tidak wajar untuk menjalani prosedur imigrasi biasa.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Kesehatan 14 Juli 2022: Aries, Taurus dan Gemini

Sejak tahun 1971, arahan Kementerian membebaskan Kaisar dan Permaisuri Jepang dari persyaratan paspor. Namun, perlu dicatat bahwa keistimewaan ini hanya berlaku untuk Kaisar dan Permaisuri. Anggota keluarga Kekaisaran lainnya, termasuk Putra Mahkota Fumihito dan Putri Kiko, tetap memiliki paspor diplomatik.

Baca Juga:  Basa Kirata anu Béda jeung Kecap Memet