Secangkir Minuman Ini Membuat Anda Sulit Tidur Di Malam Hari

JABARNEWS | BANDUNG – Kita tentunya ingin memiliki kualitas tidur yang baik, maka dari itu Anda harus meninggalkan kebiasaan minum kopi pada sore atau malam hari. Secangkir kopi mungkin terasa nikmat di lidah Anda sebagai minuman penutup, namun efeknya dapat memengaruhi tidur sebagian besar orang. Benarkah? Agar lebih jelas, pelajari bagaimana kafein pada kopi bisa membuat Anda susah tidur nyenyak pada ulasan di bawah ini.

Kopi jadi salah satu minuman populer yang mungkin Anda gemari. Walaupun terasa nikmat, minum kopi tetap ada aturannya. Anda sebagai pecinta kopi harus mempertimbangkan kapan waktu terbaik untuk minum kopi karena kadar kafein yang terlalu banyak di dalamnya.

Baca Juga:  Cara Sederhana Mengurangi Risiko Penyebab Kanker Ginjal

Perlu Anda tahu bahwa kopi mengandung kafein yang bisa meningkatkan kewaspadaan Anda. Itu sebabnya, kopi jadi minuman andalan penghilang kantuk. Efek tersebut umumnya akan bertahan rata-rata sekitar empat jam. Bila Anda tidur pukul 9 atau 10 malam, maka jadwal minum kopi paling akhir adalah pukul 5 sore.

Namun, ada juga beberapa orang yang merasakan efek kafein lebih lama karena tubuhnya lebih lama mencerna kafein. Artinya, orang tersebut harus menghindari kopi di sore atau malam hari, jika waktu tidurnya lebih awal.

Baca Juga:  Ini Cara Mengetahui Siapa Saja Yang Membuka Profil Instagram

Dr. Irshaad Ebrahim dari London Sleep Centre di Herley Street menjelaskan bahwa otak memproduksi senyawa adenosin yang memperlambat aktivitas saraf dan membuat Anda jadi mengantuk. Nah, senyawa ini akan diproduksi menjelang sore supaya tubuh bisa beristirahat dengan baik.

Sayangnya, kerja adenosin bisa terganggu dengan secangkir kopi. Kafein pada kopi mampu mengikat reseptor adenosin, sehingga otak tidak mendeteksi adenosin.

Akibatnya, otak malah memberikan sinyal untuk terus beraktivitas. Respon tersebut membuat detak jantung meningkat, hormon adrenalin bertambah banyak, dan pernapasan menjadi lebih cepat. Dengan kondisi seperti itu, Anda bukannya jadi ingin tidur malah terjaga semalaman.

Baca Juga:  Penasaran Dengan Ramalan Zodiak Hari Ini, Pemilik Rasi Bintang Scorpio dan Sagitarius Wajib Baca Ini

Jika Anda sering mengalami insomnia dan mendapati waktu minum kopi yang terlalu malam, sebaiknya segera ubah kebiasaan ini. Dr. Ebrahim menyarankan untuk tidak minum kopi setelah jam 2 siang.

Demikianlah tadi sedikit ulasan mengenai meminum kopi di sore hari yang ternyata dapat membuat Anda sulit tidur nyenyak. Semoga ulasan di atas dapat berguna dan juga bermanfaat bagi Anda. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari Huffingtonpost

Jabarnews | Berita Jawa Barat