Tindakan Medis Serius, Ketahui Faktanya lewat SehatQ

JABARNEWS | BANDUNG – Tindakan medis ada berbagai macam. Ada tindakan medis yang ringan dan hanya berupa pemeriksaan, seperti medical check up ataupun tes untuk mendeteksi Covid 19.

Ada pula tindakan medis serius yang dilakukan untuk mengobati atau menangani suatu masalah kesehatan yang tergolong cukup parah pada tubuh Anda. Beberapa tindakan medis bisa Anda pesan dengan melakukan pemesanan promo pada aplikasi SehatQ.

Lewat SehatQ pula, Anda juga bisa mengetahui beragam jenis tindakan medis serius yang mungkin saja dibutuhkan pada waktu mendatang. Sebenarnya, apa saja tindakan medis yang tergolong serius? Berikut ini adalah beberapa jenis tindakan medis serius yang dapat menyangkut keselamatan jiwa seseorang.

1. Operasi Otak Sadar

Ini merupakan tindakan medis yang dilakukan untuk mengatasi kondisi kekejangan pada otak. Penderita epilepsi ataupun tumor otak kerap direkomendasikan untuk mendapatkan tindakan medis ini oleh dokter ahli bedah saeaf.

Baca Juga:  IPO Sebut Ridwan Kamil dan Anies Baswedan Berat Maju ke Pilpres 2024

Sesuai namanya, operasi otak sadar adalah operasi yang dilakukan dengan kondisi pasien tetap sadar karena bius hanya diberlakukan secara lokal. Operasi otak sadar dilakukan guna meminimalkan kerusakan area otak pasca operasi sehingga pasien tidak mengalami gangguan fungsi bicara dan gerak sesudah tindakan medis dilakukan.

2. Operasi Ablasi Retina

Operasi ablasi retina adalah tindakan medis yang dilakukan oleh dokter mata untuk memperbaiki aliran darah ke retina. Operasi ini dilakukam guna mempertahankan fungsi penglihatan pada orang yang mengalami ablasi retina.

Ada tiga jenis operasi ablasi retina yang umumnya dilakukan oleh dokter mata, yaitu pneumatic retinopexy, scleral buckle, dan vitrectomy.

3. Donor Ginjal

Ini merupakan tindakan medis yang berupa prosedur pemberian ginjal dari satu orang ke orang lain melalui operasi transplantasi organ. Donor ginjal dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu living donor dan deceased donor.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Scorpio 11 April 2022, Kamu Boleh Tetap Optimis, Namun Harus Selalu Realistis

Living donor adalah pengambilan ginjal dari pendonor yang masih hidup. Sementara itu, deceased donor merupakan pendonoran yang organ ginjalnya diambil dari orang yang sudah meninggal.

4. Operasi Cangkok Tulang

Bone graft adalah tindakan medis yang ditujukan untuk memperbaiki dan membentuk ulang tulang yang rusak atau mengalami penyakit tertentu. Tindakan medis ini dikenal juga sebagai operasi cangkok tulang atau transplantasi tulang.

Yang artinya pada tindakan medis ini, tulang yang rusak akan digantikan dengan tulang baru untuk mempertahankan fungsionalnya. Prosedur ini diyakini mampu memperbaiki jaringan tulang di hampir seluruh bagian tubuh.

5. Prosedur Nuss

Prosedur nuss juga termasuk operasi yang cukup serius. Ini merupakan tindakan medis untuk mengatasi pektus ekskavatum berat.

Pektus ekskavatum sendiri merupakan kelainan bawaan yang mennyebabkan tulang dada seseorang berbentuk terlalu cekung. Pada kondisi tertentu, bentuk tulang yang tidak normal ini bisa berdampka berat karena menekan jantung.

Baca Juga:  Ini Manfaat Serum Bulu Mata Yang Sering Kalian Pakai

6. Cystectomy

Cystectomy merupakan operasi pengangkatan kandung kemih. Dokter akan menyarankan pasien untuk melakukan cystectomy guna mengobati kanker kandung kemih.

Selain itu cystectomy juga dapat dilakukan untuk mengobati tumor yang ada di panggul, seperti pada kasus kanker usus besar, prostat atau endometrium.

7. Ekstrasi Lipoma

Ada pula tindakan medis yang cukup serius berupa ekstraksi lipoma. Ini merupakan prosedur pembedahan yang dilakukan untuk mengangkat lipoma.

Lipoma sendiri adalah tumor jaringan lemak yang biasanya timbul pada jaringan subkutan leher, kepala, bahu, sampai punggung belakang. Pasalnya jika dibiarkan, lipoma dapat membesar secara perlahan dan menyebabkan nyeri berkelanjutan karena menekan jaringan sekitarnya. (Red)