Anggaran Porda Belum Cair, Atlet Dan Pengurus KONI Kecewa

JABARNEWS | SUBANG – Pengurus Cabang Olah Raga (Cabor) di Kabupaten Subang yang atletnya untuk mengikuti Pekan Olahraga Daerah (Porda) XIII Provinsi Jawa Barat, di Kabupten Bogor kecewa. Pasalnya, anggaran senilai Rp. 4 miliar belum juga cair.

“Akibat anggaran itu belum juga cair kami selaku pengurus KONI dan official serta para atlit harus mencari solusi agar semua kebutuhan kami, baik itu biaya menginap, akomodasi harus terpenuhi,” kata Ketua Harian KONI Subang Aries, Selasa (9/10/2018).

Kata Aries, untuk kebutuhan akomodasi para atlet dan official serta pengurus KONI, hingga saat ini belum memakai anggaran dari Pemkab Subang.

Baca Juga:  Sopir Truk Tewas Tertembak Peluru Nyasar

“Ya, mau bagaimana lagi ini tentunya sangat berat bagi kami. Tapi yang penting untuk biaya penginapan, akomdasi dan lainnya masih aman untuk saat ini,” ujarnya.

Dijelaskan Aries, dalam anggaran perubahan, sudah disetujui sebesar Rp. 4 miliar namun sampai saat ini anggaran tersebut belum cair.

“Mudah-mudahan bisa cair secepatnya,” katanya.

Menanggapi hal itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Syawal mengatakan, anggaran untuk operasional ikut serta Kabupaten Subang dalam Porda Bogor sudah dialokasikan untuk KONI di dalam APBD Perubahan. Hanya saja setelah ketuk palu oleh DPRD harus ada evaluasi dan perhitungan DPA terlebih dahulu dari pihak Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga:  Timnas Brasil Kritis, Ada Apa?

“Memang sudah pengesahan kemarin pada 28 September. Tapi harus ada evaluasi dan perhitungan DPA dari provinsi. Mekanismenya 14 hari setelah pengesahan baru bisa dicairkan anggaran,” ungkapnya.

Kata Syawal, jika belum dilakukan hal itu, dalam sistemnya masih terkunci. Ada kemungkinan bisa dicairkan pada 18 Oktober mendatang. Dirinya mengerti pihak KONI mengeluhkan hal itu.

“Kami memahami, jangan menjadi patah semangat pengurus KONI, atlet dan lainnya dalam perhelatan Porda tersebut. Dana tersebut pasti cair hanya tinggal menunggu pencariannya saja dengan mengikuti mekansime,” ungkapnya

Selain di Subang, ternyata ada beberapa daerah yang memiliki permasalahan yang sama. Anggaran untuk atlet belum bisa dicairkan karena masuk anggaran perubahan yang masih harus melewati evaluasi dari gubernur.

Baca Juga:  Dewan Tinjau Listrik Masuk Desa Di Bandung Barat

“Selain Subang, ada beberap kabupaten lain yang terkendala dari perubahan APBD,” katanya.

Seperti diketahui, dalam Porda Jabar yang dilaksanakan di Bogor, Kabupaten Subang mengirimkan sebanyak 97 atlet dan 57 official, total 154 orang.

Adapun cabang olahraga yang akan diikuti 22 cabang olahraga dari 33 cabang olahraga yang dipertandingkan dengan target 20 medali emas dan masuk peringkat 10 besar dalam Porda Jabar. (Mar)

Jabarnews | Berita Jawa Barat