Begini Cara Agar Selalu Bahagia Menurut Agama Islam

JABARNEWS | BANDUNG – Meraih kebahagiaan dalam hidup adalah impian semua orang. Apapun dilakukan, apapun dikerjakan demi mengapai apa yanh diharapkan dan apa yang diimpikan dalam hidup, tujuanya hanya satu mencari kebahagiaan.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

“Sungguh mengherankan urusan seorang mukmin. Sesungguhnya segala urusannya baginya memberikan kebaikan hal ini tidak dimiliki oleh seorangpun melainkan oleh seorang mukmin. Bila mendapatkan harta atau kesuksesan selalu bersyukur maka jadilah itu kebaikan baginya dan bila mendapatkan kesengsaraan dia selalu bersabar dan itupun menjadikan kebaikan baginya.” (H.R. Abu Yahya).

Baca Juga:  Polres Cirebon Bekuk Tiga Pelaku Curat, Begini Modusnya

Lalu bagaimana cara mendapatkan hidup yang bahagia dalam Islam. Berikut adalah beberapa tips hidup bahagia menurut Islam dilansir dari Bandungnews.id:

Pertama. Selalu melihat ke bawah – Cara membuat hati bahagia menurut islam yang pertama yakni dengan cara selalu melihat orang dibawah kita. dengan begitu kalian tidak akan mengeluh dan selalu merasa bahagia dengan keadaan.

Rasulullah SAW bersabda: “Lihatlah orang yang ada di bawahmu dan jangan melihat orang yang ada di atasmu, sebab itu lebih baik agar kalian tidak meremehkan nikmat Allah. “(Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Majah)

Baca Juga:  Sarat Politik, Demiz Menduga Ada Yang Menunggangi KPI

Kedua. Selalu bersyukur – Untuk cara hidup bahagia menurut islam yang kedua yakni dengan bersykur kepa allah SWT, Kehidupan di dunia akan jauh terasa lebih bahagia jika kita banyak bersyukur. Sebagaimana firman Allah:

Artinya: ” Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.(Q.S. Ibrahim: 7)

Baca Juga:  Jelang Natal dan Tahun Baru, Satgas Pangan Gelar Sidak di Tasik

Ketiga. Sering bersedekah – Cara selalu bahagia menurut islam yang ketiga yakni selalu bersedekah. Dengan bersedekah, maka hidup kita akan jauh lebih berkah dan lapang. Sebagaimana janji Allah SWT:

Artinya: “Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan”.(Q.S. Al Baqarah: 245). (Red)