Begini Cara Cegah Penyakit Pneumonia, Salah Satunya Vaksin

JABARNEWS | BANDUNG – Penyakit Pneumonia adalah infeksi paru-paru akut yang dapat disebabkan oleh bakteri, virus, maupun jamur.

Untuk mencegah Penyakit Pneumonia atau radang paru, Terdapat beberapa langkah pencegahan pneumonia yang bisa Anda lakukan.

Berikut beberapa cara usaha Pencegahan Penyakit Pneumonia yakni:

Pertama. Vaksin – Vaksin menjadi cara utama untuk mencegah radang paru-paru atau pneumonia. Meski tidak dapat 100% mencegah, vaksin pneumonia dapat menurunkan resiko nya, meringankan gejala dan komplikasi pneumonia yang berat.

Baca Juga:  Jelang Napi Teroris Datang, Nusakambangan Dijaga Ketat

Untuk mencegah pneumonia pada anak, vaksin yang diberikan adalah vaksin pneumococcal conjugate vaccine (PCV) atau PCV13. Vaksin ini dapat memberikan perlindungan dari 13 jenis bakteri.

Baca Juga:  Nahas! Istri Penjaga Warteg di Bekasi Ditemukan Tewas Gantung Diri

Kedua. Menjaga kebersihan rongga mulut – Pneumonia pada mulanya disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan atas. Hal ini bisa menjadi salah satu perhatian.

Mulut juga bisa menjadi salah satu gerbang untuk infeksi bakteri, virus, dan jamur masuk. Itu sebabnya, perawatan rongga mulut yang baik merupakan salah satu cara mencegah pneumonia.

Baca Juga:  Jalan Girimukti-Leuwikidang Amblas, Pengendara Harus Waspada

Ketiga. Hindari kontak dengan orang sakit – Pneumonia dapat menular melalui droplet, alias percikan liur yang keluar dari tubuh pasien.

Itu sebabnya, langkah pencegahan pneumonia yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghindari kontak langsung atau berdekatan dengan orang sakit. (Red)