Hampir 20 Ribu Warga Cirebon Belum Punya KTP-El

JABARNEWS | KOTA CIREBON – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Barat tinggal hitungan bulan saja. Ironisnya hampir 20 ribu lebih warga kota Cirebon bahkan belum merekam data KTP Elektronik (KTP-El) sama sekali.

“Berdasarkan catatan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cirebon mencatat sedikitnya ada 19.629 warga Kota Cirebon yang belum merekam data untuk KTP-El. Untuk itu Disdukcapil Kota Cirebon gencar melakukan perekaman data warga untuk KTP elektronik bagi warga kota Cirebon termasuk warga di Rutan dan Lapas Cirebon,” kata Kabid Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK), Disdukcapil Kota Cirebon, Rahmat Saleh saat ditanyai oleh Jabarnews pada Selasa (3/4/2018).

Baca Juga:  1440 Personel Polresta Cirebon Jalani Vaksinasi Covid-19 Mulai Hari Ini

Rahmat menjelaskan ada dua golongan warga yang belum direkam datanya untuk KTP-El. Yaitu warga yang baru berusia 17 tahun dalam rentang waktu hingga pelaksanaan Pilkada pada Juni 2018 dan warga yang sama sekali belum merekam data serta sama sekali belum memiliki KTP-El.

Baca Juga:  Arah Kiblat Sejumlah Masjid Melenceng, Kemenag Cirebon Bagikan Alat Kalibrasi

“Dari jumlah 19 ribu lebih itu, 4.700 di antaranya merupakan warga yang baru menginjak usia 17 tahun dalam rentang waktu pelaksanaan Pilkada Juni 2018. Lalu lebih dari 15 ribu warga Kota Cirebon lainnya sama sekali belum memiliki KTP-El meskipun usia mereka melebihi 17 tahun,” urai Rahmat.

Baca Juga:  Open Bidding Sekda KBB Sisakan Enam Kandidat

Saat ini Rahmat membeberkan perekaman data bagi warga Kota Cirebon kira-kira baru mencapai 20 persen.Dia menargetkan perekaman data bisa rampung sebelum pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 sehingga warga dapat menggunakan hal pilihnya dalam Pemilihan Walikota Cirebon dan Pemilihan Gubernur Jawa Barat pada Juni 2018 mendatang. (One)

Jabarnews | Berita Jawa Barat