Ini Penyebab Freezer Kulkas Berisik Yang Jarang Diketahui

JABARNEWS | BANDUNG – Pernah mendengar suara freezer kulkas? Hal tersebut merupakan salah satu hal yang rumlah terjadi. Akan tetapi jika muncul suara tersebut tak wajar dari biasanya ada baiknya kalian mengeceknya.

Munculnya suara frezer yang berisik disebabkan oleh banyak hal. Namun, tak banyak orang yang mengetahui penyebab munculnya suara berisik tersebut.

Baca Juga:  Oli Motor Sering Bocor? Jangan-jangan Ini Penyebabnya

Oleh sebab itu berikut beberapa hal yang menyebabkan freezer kulkas berisik yakni:

Pertama. Kumparan Kondensor atau Kipas Kotor – Penyebab freezer kulkas berisik yang berikutnya bisa terjadi karena kumparan kondensor pada freezer kotor. Hal ini bisa membatasi keluar masuknya aliran udara dalam freezer.

Akibatnya freezer butuh waktu lebih lama lagi untuk bisa mendinginkan sesuatu yang ada dalam bagian kulkas tersebut. Umumnya hal ini yang membuat suara bising ketika freezer beroperasi.

Baca Juga:  Pasca Insiden 11 Santri Tewas di Ciamis, Kemenag Larang Kegiatan di Luar Sekolah

Kedua. Kompresor – Adanya masalah pada kompresor juga bisa menjadi penyebab freezer kulkas berisik.  Saat proses pendinginan freezer, pada umumnya bagian kompresor belakang freezer akan mengeluarkan suara bising tetapi terdengar rendah.

Ketiga. Proses Pembuatan Es – Saat proses membuat es batu, bagian freezer dalam kulkas akan mengeluarkan suara bising. Tapi pada umumnya suara itu akan hilang jika proses pembuatan es selesai.

Baca Juga:  Bak Tertimpa Durian Runtuh Saat Pandemi, Pedagang Bunga di Purwakarta Tersenyum

Apabila suara bising itu tidak mereda, coba Anda cek garis air yang terdapat pada katup inlet. Letaknya berada di bagian belakang kulkas. (Red)