Jangan Sembarang Bersihkan Noda Pada Jok Mobil, Begini Caranya

JABARNEWS | BANDUNG – Terkadang noda membandel dari makanan dan minuman yang tumpah di jok mobil tak muda untuk dihilangkan.

Anda mungkin bisa saja membersihkannya sendiri tanpa harus membawa ke tempat perawatan mobil dan tidak perlu membuang waktu yang banyak.

Namun masih banyak orang yang keliru saat membersihkan noda pada jok mobil. Perlu Anda ketahui bahwa membersihkan jok mobil dari makanan harus sesuai dengan material jok tersebut terbuat.

Berikut di bawah ini adalah beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk membersihkan jok mobil di antaranya:

Cara Membersihkan Jok Berbahan Kain

Barang yang perlu Anda siapkan, di antaranya: penyedot debu, detergen cair , ember kecil, handuk, dan busa spons.

Langkah-langkah:

  • Bersihkan debu dan kotoran pada jok dengan vacuum cleaner
  • Isi ember dengan air hangat, tuangkan sedikit detergen. Rendam spons ke dalam ember. Kemudian, remas spons dan gosok seluruh bagian jok. Jangan biarkan jok terlalu basah dan hindari penggunaan spons yang terlalu besar, agar jok lebih cepat kering.
  • Gosok permukaan jok dengan handuk. Setelah jok mobil bersih, basahi dahulu handuk dengan air dingin. Gosok seluruh permukaan jok dengan handuk, untuk menghilangkan residu detergen.

Cara Membersihkan Jok Berbahan Tenun

Berikut adalah cara membersihkan jok mobil yang berbahan dasar tenun:

Bagi anda yang ingin membersihkan jok mobil berbahan tenun namun tidak mau mengeluarkan biaya berlebih untuk membeli pembersih komersial, Anda bisa membuatnya sendiri:

  • Campurkan air dengan cairan pencuci piring ke dalam ember. Aduk merata dan masukkan ke dalam botol penyemprot.
  • Semprotkan cairan tersebut pada jok sekitar 15 sampai 20 cm dari jok. Gosok dengan lembut menggunakan sikat berbulu lembur lalu bilas di bagian yang terkena noda dengan lap bersih dan air hangat.
  • Lakukan pembilasan sesering mungkin. Bersihkan noda secara satu persatu dan kemudian bilas secara menyeluruh. Anda bisa menggunakan kain berserat mikro untuk mengeringkan jok.
  • Parutlah sabun kurang lebih sekitar 6 sendok makan dan tambahkan 2 sendok boraks ke dalam ember. Aduk perlahan lalu tambahkan dua cangkir air hangat. Anda juga bisa menambahkan aroma seperti minyak lavender sebagai pewangi.
  • Tunggu hingga dingin dan aduk cepat hingga berbusa. Sapukan pembersih ini pada bagian jok mobil dan sikat buihnya dengan sikat berbulu halus. Bilas bagian jok yang terkena noda dengan lap bersih dan air hangat. Bersihkan noda satu persatu dan bilas setiap wilayah secara menyeluruh sebelum pindah ke bagian yang lain nya.

Cara Membersihkan Jok Berbahan Kulit

Kursi berbahan kulit membutuhkan perawatan ekstra. Selain bisa dibersihkan dengan vacuum cleaner sesering mungkin, Anda bisa melakukan langkah langkah berikut untuk membersihkan noda makanan jok mobil berbahan kulit:

  • Bersihkan debu serta remah remah kotoran di jok dengan vacuum cleaner
  • Gunakan sabun khusus untuk membersihkan jok kulit dengan kain lembut
  • Setelah jok mobil sudah bersih, pastikan untuk membersihkan residu deterjen pada jok dengan kain lembut yang telah dibasahi dengan air bersih
  • Oleskan cairan atau kondisioner khusus untuk merawat jok berbahan kulit

Demikianlah tadi beberapa cara untuk membersihkan jok mobil yang baik dan benar. Jadi, tak perlu terburu-buru untuk membersihkan jok ke salon khusus mobil jika Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Semoga tips di atas dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda. (Fin)

Sumber artikel ini daimbil dari Liputan6

Jabarnews | Berita Jawa Barat

Baca Juga:  Pelajar di Purwakarta Wajib Kumpulkan Sampah Plastik, Buat Apa Ya?