PDAM Jaring 60 Ribu Pelanggan Baru Untuk SPAM Gedebage

JABAREWS | BANDUNG – Sebagai upaya mendukung program penyediaan air bersih 100 persen di Kota Bandung, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung berencana bangun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Blok Gedebage.

“Kami membangun SPAM Gedebage menggunakan teknologi dari Jepang. Sehingga, bisa melayani pelanggan dengan maksimal,” ujar Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirtawening Kota Bandung Sonny Salimi, dalam acara Sosialisasi Penjaringan Calon Pelanggan Air Minum SPAM Gedebage PDAM Tirtawening Kota Bandung, Rabu (21/11/2018).

Sonny menambahkan, pembangunan SPAM Gedebage ini, dilakukan di Cikalong, dan disalurkan langsung ke pelanggan baru di Blok Gedebage. Blok Bedebage tidak hanya di Kawasan Gedebage, melainkan di sekitar Bandung timur dan selatan. Seperti di Jalan Soekarno-Hatta, Buahbatu, Gedebage dan Sekitarnya.

Baca Juga:  Selesaikan Kredit Macet, Oded Apresiasi Kinerja PD BPR

Menurut Sonny, SPAM Gedebage ini menghasilkan air sebanyak 700 liter per detik. Dengan cakupan pelanggan sekitar 50 ribu-60 ribu sambungan baru. Untuk pembangunan SPAM Gedebage tersebut peruntukan bagi sekitar 41.772 sambungan baru.

Sonny mengungkapkan, untuk saluran utama sudah tersedia. Pihaknya hanya membangun pipa slauran di lingkungan kewilayahan. Pembangunan SPAM ini, menggunakan dana bantuan dari KemenPUPera dan dari APBD Kota Bandung.

Baca Juga:  Polisi Ringkus Penjual Tiga Gadis Asal Bandung Yang Dijual Ke Tempat Hiburan Papua

“Untuk tahun ini bantuan dari Pemkot R‎p 150 miliar dan dari Pemkot Rp 100 miliar,” terangnya.

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengingatkan warga Kota Bandung untuk menghemat air jika sudah mendapatkan suplay air. “Kalau sudah dapat air banyak, harus bisa memanfaatkan semaksimal mungkin, bisa bersyukur dan beramal, jangan dihambur-hamburkan, menghemat,” papar Oded.

Oded juga mengingatkan, agar warga tidak bergantung pada suplay air dari PDAM. “Saya termasuk warga yang tidak mendapat suplay air dari PDAM. Makanya saya membuat sumur resapan di rumah, Alhamdulillah tidak pernah kekurangan sampai sekarang,” katanya.

Baca Juga:  PPKM Jawa Bali Diperpanjang Lagi, 11 Kota Kabupaten Masih Level 4

Pembangunan SPAM ini, lanjut Oded sudah direncanakan dari 2016, dianggarkan Rp. 100 miliar oleh Pemkot Bandung, sebagai pendamping bantuan dana hibah dari KementrianPUPera. Dengan pembangunan SPAM Gedebage ini, Oded berharap PDAM bisa memberikan bantuan maksimal kepada masyarakat. (Vie)

Jabarnews | Berita Jawa Barat