Pemerintah Desa Berperan Mutakhirkan Data Pemilih

JABARNEWS | PURWAKARTA – Anggota PPK Kecamatan Wanayasa, Ikhsan Firmansyah, mengatakan, tahapan pemutakhiran data pemilih tidak lepas dari peran serta para penyelenggara, petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP), dan juga pemerintah Desa setempat.

Koordinasi ini, lanjut dia, untuk memudahkan para petugas dalam hal mengetahui identitas pemilih terkait kependudukan, tempat tinggal serta keabsyahannya sebagai penduduk setempat.

“Peran pemerintah desa juga sangat berarti dalam menyukseskan tahapan ini,” tegas Ikhsan akrab disapa Bang Haji saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (22/3/2018).

Dihubungi terpisah Kepala Desa Sumurugul, Kecamatan Wanayasa Dani Hamdan Mubaroq membenarkan bahwa sudah menjadi kewajibanya para perangkat desa untuk membantu setiap tahapan penyelenggaraan pilkada.

Baca Juga:  Ketua DPD Partai Hanura Jabar R Fitrun Fitriansyah Dicopot

“Ini memang salah satu tugas serta fungsi kami, pemerintah desa juga memang sudah sepatutnya mengetahui setiap tahapan kepemiluan,” ujar Dani, ditemui di ruang kerja.

Dani yang juga menjabat Ketua Apdesi Kecamatan Wanayasa sudah menginstruksikan kepada seluruh kepala Desa di kecamatan Wanayasa untuk bersama-sama membantu setiap tahapan penyelenggaraan Pilkada termasuk ikut memfasilitasi ruangan serta perangkat yang dibutuhkan oleh para PPS di Desa nya masing-masing yang tidak tercover oleh anggaran Pilgub maupun Pilbup.

Baca Juga:  Populasi Gepeng Meningkat Jelang Lebaran, Ini Langkah Satpol PP Kota Bekasi

“Ini merupakan salah satu bukti bahwa para Kepala Desa berperan aktif dalam penyelenggaraan tahapan Pilkada 2018,” ucapnya.

Berdasarkan keterangan para Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kecamatan Wanayasa, lanjut dia, rata-rata kegiatan rapat-rapat koordinasi serta rapat Pleno biasa dilaksanakan di aula Desa masing-masing, para Kepala Desa pun biasanya selalu hadir.

Sementara disinggung prosentase dukungan warga terhadap para pasangan calon, Dani enggan berkomentar terkait hal tersebut.

“Bukan kapasitas kami menjawab itu, kita kembalikan kepada para pemilih, yang jelas kami para kepala Desa siap menyukseskan cita-cita KPU dengan slogannya Pilkada Sukses tanpa Ekses, dan kami berharap yang terbaik bagi Jawa Barat maupun Purwakarta,” ujar Dani.

Baca Juga:  Soal Izin Liga I, Robert Alberts: Kami Masih Menanti Surat Resminya

Dani mengaku, Apdesi kecamatan Wanayasa juga telah menginstruksikan agar nantinya membantu mensosialisasikan DPS tersebut melalui para ketua RT setempat dan dipampang ditempat-tempat umum yang mudah dilihat warga.

“pokonya kami siap membantu penyelenggaran pilkada 2018, dan kami mengajak pada segenap lapisan masyarakat juga untuk bersama-sama menyukseskan Pilkada ini dengan mendatangi TPS pada 27 Juni 2018 serta menggunakan hak pilihnya,” pungkasnya. (Gin)

Jabar News | Berita Jawa Barat