Perpustakaan Kelurahan Cikundul Kota Sukabumi Jadi Wakil Jabar di Lomba Tingkat Nasional

JABARNEWS | SUKABUMI – Perpustakaan Kelurahan Cikundul Kota Sukabumi menjadi wakil dari Jawa Barat dalam lomba perpustakaan umum terbaik Desa/Kelurahan tingkat nasional.

Ketua Tim Juri Lomba Perpustakaan Umum Terbaik Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2021, Asep Saeful Rohman mengatakan, kelebihan Perpustakaan Kelurahan Cikundul dibandingkan dengan perpustakaan desa/kelurahan lainnya adalah memiliki gedung perpustakaan tersendiri terpisah dengan gedung kelurahan.

“Dukungan anggaran perpustakaan yang cukup besar, telah melaksanakan kerjasama dengan berbagai pihak, dan implementasi perpustakaan berbasis inklusi sosialnya sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” kata Asep, Kamis (19/8/2021).

Lurah Cikundul Agus Heryanto sebagai penanggungjawab perpustakaan merasa bangga bahwa Perpustakaannya bisa keluar sebagai Juara Pertama Lomba Perpustakaan Umum Terbaik Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2021.

Baca Juga:  Jangan Panik! Komunitas Reptil di Purwakarta Ini Beri Tips Jika Tergigit Ular

“Hal ini berkat dukungan dan perhatian juga dari Bapak Walikota Sukabumi yang terus menerus memberikan pembinaan,” ucap Agus.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jabar Ahmad Hadadi menyampaikan 4 tujuan dari Lomba Perpustakaan Umum Terbaik Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2021.

Pertama, mengapresiasi daerah yang mampu mewujudkan perpustakaan umum desa/kelurahan yang memenuhi standar nasional perpustakaan secara taat asas, profesional, dan mampu memberikan pelayanan prima kepada pemustaka. Kedua, memotivasi peningkatan kinerja perpustakaan dalam melayani dan memenuhi kebutuhan informasi bagi masyarakat kelurahan.

Baca Juga:  Sehari, Empat Titik Kebakaran Di Kabupaten Cirebon

Ketiga, meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam mengembangkan dan memanfaatkan perpustakaan sebagai pusat belajar mandiri masyarakat dalam meningkatkan keterampilan, wawasan dan inovasi dalam kehidupannya. Keempat, mendapatkan perpustakaan desa/kelurahan terbaik yang dapat menjadi model perpustakaan bagi desa/kelurahan lain dalam upaya mencerdaskan kehidupan masyarakat.

Selanjutnya, Ahmad Hadadi mengatakan penetapan Perpustakaan Kelurahan Cikundul sebagai Juara Pertama ditetapkan dengan Keputusan No. 155/PUS.05.0103/KEP-Dispusipda/2021, tanggal 29 Juli 2021.

“Kepada pemenang Lomba Perpustakaan Umum Terbaik Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2021, akan diberikan uang pembinaan prestasi, piala, dan sertifikat,” ujar Ahmad Hadadi.

Baca Juga:  Tiga Lahan Parkir Ilegal di Bekasi Disegel

Dia menuturkan, Perpustakaan Kelurahan Cikundul sebagai Juara Pertama Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2021, akan diajukan untuk mewakili Jawa Barat dalam Lomba Perpustakaan Umum Terbaik Desa/Kelurahan Tingkat Nasional Tahun 2021.

“Mohon doa dan dukungan dari masyarakat Jawa Barat untuk Perpustakaan Kelurahan Cikundul bisa berprestasi di tingkat nasional sebagai perwujudan dari Visi Jabar. Terwujudnya Jawa Barat Juara Lahir Batin Dengan Inovasi dan Kolaborasi,” tandasnya. (Red)