Simak! Inilah Manfaat Penggunaan Sistem Absensi Kehadiran Karyawan Online

JABARNEWS | BANDUNG – Kedisiplinan karyawan dapat dinilai salah satunya dari tingkat kehadiran karyawan di kantor. Perusahaan juga tentu memiliki penilaian tersendiri untuk setiap karyawannya. Apalagi soal kehadiran di kantor, oleh karena itu perusahaan memberlakukan sistem absensi agar ada pencatatan atau bukti hadir para karyawannya. Sistem absensi kehadiran karyawan online ini menjadi faktor penting bagi perusahaan yang turut mempengaruhi profitabilitas karyawan.

Ada banyak sistem absensi online yang bisa digunakan oleh perusahaan. Ada yang manual dan benar-benar ada yang tersistem. Jika dahulu perusahaan masih menggunakan cara manual, maka saat ini dengan kemajuan teknologi dan informasi sudah ada sistem absensi kehadiran karyawan online yang dapat membantu perusahaan dan HRD dalam mencatat kehadiran karyawan dengan mudah dan otomatis.

Sistem absensi manual yang masih digunakan hingga saat ini adalah menggunakan fingerprint. Dimana fingerprint merupakan metode absensi yang mengharuskan karyawan datang ke kantor agar dapat diketahui kehadirannya. Namun, ternyata sistem absensi manual fingerprint ini masih memiliki kekurangan yang menyulitkan karyawan maupun perusahaan. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini.

Sistem absensi manual sudah tidak bisa digunakan apabila perusahaan telah memberlakukan sistem kerja dari rumah atau wfh. Karena dalam mengetahui kehadiran karyawan yaitu dengan karyawan memasukkan sidik jarinya ke mesin fingerprint. Sedangkan disaat masa kerja dari rumah ini, karyawan tidak mungkin datang langsung ke perusahaan. Secara pencatatan dan pengelolaan, menggunakan absensi secara manual akan sangat merepotkan dan menyita waktu.

Saat ini, Anda bisa mulai mengembangkan sistem absensi di perusahaan Anda dengan penggunaan sistem absensi kehadiran karyawan online. Banyak kerumitan yang ditimbulkan apabila menggunakan cara manual, sekarang ini Anda bisa mulai mengembangkan perusahan Anda dengan cara yang lebih efektif dan efisien dalam pengabsenan. Benarkah sistem absensi kehadiran karyawan online ini jauh lebih mudah dan efektif? Mari simak pembahasan berikut ini.

Manfaat Penggunaan Sistem Absensi Kehadiran Karyawan Online

  1. Rekapitulasi Lebih Mudah. Dengan penggunaan sistem yang sudah pasti terintegrasi, akan memudahkan perusahaan atau HRD dalam melakukan pencatatan dan rekapitulasi data dengan mudah. Begitu pula dengan sistem absensi online ini seluruh data kehadiran ketidakhadiran, hingga keterlambatan karyawan bisa langsung secara otomatis masuk ke dalam sistem tanpa harus memindahkan data secara manual. Sistem absensi online mengintegrasi seluruh data, sehingga jika ada perubahan data akan langsung secara otomatis mengubah data lainnya. Dengan kemudahan ini, maka akan membantu HRD atau personalia dalam memantau karyawan dengan cepat tanpa membuang-buang waktu.
  2. Mengurangi Potensi Kecurangan. Dengan bantuan sistem absensi online, itu berarti hanya karyawan tersebut yang mengakses akunnya. Hal ini mengurangi potensi adanya kecurangan. Data yang ada di dalam sistem juga diolah secara real time, jadi hasilnya bisa langsung terdata saat itu juga.
  3. Perhitungan Jam Kerja Lebih Akurat. Karena sistem absensi dilakukan secara online, maka waktu yang dipakai juga lebih cepat. Hal ini memudahkan pekerjaan HR, karena waktu tersisa bisa digunakan untuk mengerjakan pekerjaan lainnya. Dan perhitungan kerja juga lebih akurat, apalagi jika perusahaan menerapkan kedisiplinan yang tinggi bagi karyawan. Misalnya memberlakukan kebijakan gaji berdasarkan keterlambatan, maka dengan data yang ada di sistem absensi online ini akan sangat membantu dalam merekap absensi karyawan berdasarkan kehadirannya.
  4. Dapat Dijadikan Dasar Terhadap Kebijakan Gaji Karyawan. Nah, berlanjut dari poin ketiga diatas, apabila perusahaan menerapkan kedisiplinan kehadiran bagi karyawan. Maka sistem absensi dapat membantu perusahaan dalam mengambil kebijakan gaji bagi seluruh karyawannya. Aplikasi absensi online ini dapat membantu perusahaan dalam melakukan validasi data kehadiran masing-masing karyawan. Hal ini juga berlaku bagi karyawan yang mengambil cuti atau yang lembur. Dengan demikian, mereka tetap bisa mendapatkan gaji yang sesuai dan mendapatkan upah lembur sesuai dengan data yang tervalidasi sistem.
  5. Terpantau Secara Real Time. Menggunakan software pada sistem absensi online menjadikan pemantauan absensi dilakukan secara tepat waktu atau real time. Kapan saja data absensi dibutuhkan, maka bisa dilihat di sistem absensi berdasarkan update terbaru. HR atau Personalia juga tidak perlu repot dalam memindahkan data, karena beberapa software dapat menyediakan data sesuai file yang dibutuhkan, misalnya dalam bentuk excel.
  6. Menghemat Biaya. Jika menggunakan cara manual, maka perusahaan perlu menggunakan fingerprint dan perusahaan juga perlu menyediakan anggaran dalam membeli mesin absensi tersebut dan biaya cadangan apabila dikemudian hari terjadi kerusakan. Selain itu, perusahaan pasti juga memerlukan teknisi dalam kondisi tertentu, dimana semua hal tersebut memerlukan anggaran yang harus dikeluarkan perusahaan.
Baca Juga:  Pemprov Jabar Terima Penghargaan Dari Presiden Atas Raihan WTP Enam Kali Berturut-turut

Berbeda jika menggunakan aplikasi absensi online karena serba praktis dan mudah. Perusahaan hanya memerlukan komputer dan koneksi internet untuk bisa terhubung langsung dengan aplikasi, Ini artinya, perusahaan bisa menghemat biaya perangkat yang cukup signifikan. Tidak hanya itu, perusahaan juga bisa menghemat pengeluaran seperti untuk pembelian buku, pulpen, mesin cetak, tinta, dll. Karena semua telah tersistematis dengan baik tanpa perlu menyetak secara manual.



Cara Kerja Aplikasi Absen Online Berbasis Android

  1. Proses Absensi. Pada dasarnya, proses absensi dilakukan dengan dua macam. Untuk cara yang pertama biasanya perusahaan masih menggunakan fingerprint authentication. Sedangkan cara kedua perusahaan menggunakan face identification. Kedua hal ini memang memiliki perbedaan dalam pelaksanaannya, namun dalam penggunaan sistem absensi seharusnya akan lebih mudah diaplikasikan bagi karyawan. Perusahaan juga bisa mengetahui lokasi dimana karyawan tersebut berbeda.
  2. Pencatatan Dalam Database Server. Jika seluruh karyawan sudah mengaplikasikan absensinya dengan menggunakan aplikasi absensi online, maka selanjutnya adalah proses pencatatan absensi. Hal ini bukan hanya bisa dilakukan HR atau personalia saja, namun setiap karyawan juga bisa mencatat kehadiran mereka setiap harinya. Data absensi yang ada di aplikasi ini akan secara otomatis ada di database server. Tentu saja, proses pencatatan absensi karyawan ini lebih mudah. Memang segala hal yang dilakukan secara sistematis akan lebih memudahkan segala hal dan aktivitas yang terjadi. Seluruh data mengenai absensi karyawan akan tersimpan dengan baik dan bisa digunakan dalam mengatasi berbagai kepentingan dan keperluan perusahaan.
  3. Pemberitahuan Pada Aplikasi User. Saat seseorang melakukan absensi secara online, maka jangan kira hanya perusahaan sajalah yang mengetahui tentang kehadiran beserta jam hadir karyawan tersebut. Namun, karyawan juga bisa mengetahui laporan hasil absensi tiap masing-masing karyawan. Hal ini karena sistem absensi online bisa diakses secara online dengan cepat dan menampilkan absensi karyawan secara online. Jadi, baik lokasi, waktu, dan lama bekerja akan terlapor sekaligus pada aplikasi user.
  4. Deteksi Karyawan. Aplikasi absensi karyawan berbasis Android ini bekerja dengan cepat karena disusun oleh developer terbaik. Mulai dari proses absensi yang dilakukan oleh karyawan sampai data yang tercatat secara otomatis ke dalam database server. Selain itu, pencatatan juga bisa ditampilkan ke user dan karyawan untuk melihat laporan absensinya.
Baca Juga:  AMSI Jabar Minta Polri Usut Tuntas Pelaku Penyerangan Kantor JabarNews

Daftar Sistem Absensi Kehadiran Karyawan Online Berbasis Web

Nah, untuk kamu yang mulai tergerak untuk mengembangkan operasional bisnis kamu, maka perubahan bisa dimulai dari sekarang dengan memanfaatkan sistem absensi online untuk untuk menunjang proses pencatatan kehadiran karyawannya. Sistem absensi online berbasis web yang bisa diakses secara gratis dapat sangat membantu perusahaan untuk menghemat budget pengeluaran.

Seperti berikut sistem absensi kehadiran karyawan online yang berbasis web, diantaranya :

  1. Talenta by Mekari. Talenta merupakan salah satu developer Human Resources Information System yakni software untuk manajemen sumber daya manusia. Fitur-fitur yang tersedia di dalam software ini juga sangat lengkap. Dapat membantu Tim HRD dalam pencatatan, perhitungan, dan pelaporan penggajian karyawan, perpajakan karyawan, absensi, dan juga performance appraisal. Coba Talenta by Mekari dengan menggunakan kode referral dan uji coba gratis aplikasi HR terbaik yang satu ini.
  2. Open Time Clock. Yang pertama ini adalah aplikasi absensi karyawan open time clock, bisa diakses melalui smartphone tanpa ada batasan jumlah karyawan. Sistem absensi ini dapat digunakan untuk absensi datang dan pulang. Termasuk di dalam aplikasi ini adalah fitur perhitungan gaji secara otomatis.
  3. CKZ Time Clock. Aplikasi yang kedua ini dapat digunakan sebagai alat absensi karyawan dan merupakan aplikasi Time Tracking keluaran platform Windows. Dengan menggunakan aplikasi ini, bukan hanya pencatatan absensi yang dapat dilakukan otomatis. Namun Anda bisa mendapat banyak fitur sekaligus yakni juga perhitungan gaji karyawan, pelacakan waktu, permohonan cuti secara sistematis, hingga liburan pengganti.. Anda dapat menggunakan aplikasi CKZ Time Clock secara gratis dengan catatan hanya terbatas untuk tiga karyawan saja, jika Anda ingin jumlah karyawan yang tidak terbatas. Maka Anda bisa gunakan versi berbayar dengan tambahan sistem keamanan.
  4. Time Clock Wizard. Time Clock Wizard terbilang aplikasi absensi yang memiliki fitur lengkap karena dilengkapi dengan fitur jam absensi, penjadwalan karyawan yang sistematis, hingga reimbursement. Selain itu, aplikasi ini juga dapat menghitung gaji karyawan secara otomatis. Penyesuaian pembuatan laporan gaji dan lembur dapat dihitung dengan mudah. Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis.
  5. Time Clock MTS. Aplikasi absensi karyawan yang digunakan untuk komputer Windows ini dapat diakses secara gratis dengan fitur yang lengkap karena mencangkup semua fungsi HR dengan penggunaannya yang gratis.
Baca Juga:  Hore.. Atlet Jabar Berprestasi Diguyur Hadiah Rp 2,205 Miliar

Sistem Absensi Kehadiran Karyawan Online Talenta

Aplikasi absensi online yang digunakan oleh perusahaan merupakan bukti bahwa penggunaan teknologi sangat penting dan memudahkan pekerjaan. Maka absensi yang dilakukan oleh perusahaan kini perlu diawasi dengan mudah menggunakan aplikasi absensi.

Sistem Absensi Kehadiran Karyawan Online merupakan terobosan baru dalam memudahkan proses absensi karyawan. Selain bisa menekan biaya operasional, aplikasi absensi online ini juga dapat mempermudah kerja HR dalam melakukan perhitungan kehadiran hingga gaji karyawan secara otomatis dan akurat.

Talenta by Mekari memungkinkan sistem absensi online yang memberikan fleksibilitas lebih baik tanpa mengurangi kualitas layanan. Talenta sebagai platform HRIS yang lengkap mampu menjawab tantangan-tantangan pengelolaan kehadiran karyawan bahkan di berbagai situasi dan bermacam jenis industri.

Tertarik untuk mencoba Talenta? Isi formulir dan jadwalkan demo Talenta dengan sales kami dan konsultasikan masalah HR Anda kepada kami!