Ternyata Makanan Dan Minuman Ini Memiliki Kadar Kafein Yang Tinggi

JABARNEWS | BANDUNG – Kita pasti sudah sering mendengar jika kopi adalah jenis minuman berkafein tinggi yang bisa membuat kita terjaga dan sulit tidur, terlebih lagi jika dikonsumsi secara berlebihan. Namun ternyata bukan hanya kopi saja yang memiliki kadar kafein tinggi. Ada banyak makanan dan minuman di sekitar kita yang mengandung kadar kafein yang tak kalah banyak dari kopi.

Oleh karena itu, bagi anda yang memiliki penyakit susah tidur, wajib untuk menghindari beberapa jenis makanan dan minuman yang ada di bawah ini, diantaranya:

Biskuit Penambah Energi

Bagi anda yang sering merasa lemas dan lesu dalam beraktifitas, biskuit berenergi bisa menjadi salah satu pilihan makanan yang bisa menambah energi anda dalam waktu singkat. Namun pernahkan terpikir oleh anda, mengapa bisa hanya dalam waktu singkat energi anda langsung terasa penuh setelah makan makanan ini?

Baca Juga:  Mengenal Budaya Indonesia Lewat Beberapa Destinasi Wisata Rumah Adat Tradisionalnya

Jawabannya ada pada kadar kafein yang terkandung di dalamnya. Satu batangnya rata-rata mengandung 75 mg kafein. Terlebih lagi jika anda memakan yang rasa moka atau kopi, maka kadar kafeinnya pun bisa lebih banyak lagi.

Minuman Berenergi

Sama halnya dengan biskuit berenergi, jenis minuman yang satu ini juga sering dikonsumsi untuk menambah energi seseorang dalam beraktifitas. Rasanya yang cenderung manis membuat minuman ini menjadi favorit banyak orang. Tak heran banyak orang menjadi ketergantungan dengan minuman ini, agar tubuh mereka terus terasa fit dan segar.

Padahal, mengonsumsi minuman ini secara rutin bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh. Tak hanya dikarenakan kadar kafein yang tinggi, namun juga karena minuman ini banyak mengandung pemanis buatan yang bisa merusak ginjal kita.

Baca Juga:  Bupati Purwakarta Minta Pejabat hingga Kepala Desa Tanam Bambu, Kenapa?

Cokelat

Siapa yang tak suka dengan yang satu ini? Sebenarnya mengonsumsi cokelat itu baik bagi kesehatan, akan tetapi hal ini berlaku jika anda mengkonsumsinya dalam kadar yang cukup alias tidak berlebihan. Jika berlebihan, itu sama saja dengan memasukan kafein dalam jumlah banyak kedalam tubuh anda. Dalam sepotong cokelat hitam seberat 0.5 gram, mengandung 14 mg kafein.

Minuman Bersoda

Rasanya yang segar sering dijadikan alasan untuk menghilangkan rasa haus saat berada di tempat bersuhu panas. Tapi di balik kesegarannya, jika anda mengkonsumsi minuman bersoda melebihi kadar yang aman, bisa-bisa anda malah mengalami gangguan kesehatan seperti detak jantung yang cepat sampai penyakit diabetes.

Baca Juga:  Evakuasi Orangutan, Mobil BBKSDA Sumut Dilempari Batu Oleh OTK

Salah satu penyebab hal tersebut terjadi adalah kandungan kafein yang terdapat di dalam sekaleng minuman soda, sekitar 22-115 mg. Maka tak heran terlalu banyak minuman ini dapat membuat jantung anda berdetak lebih cepat dan dapat membuat terjaga semalaman.

Es Krim

Makanan kesukaaan anda yang satu ini ternyata memiliki kadar kafein sama banyaknya dengan kopi. Hal ini berlaku jika es krim yang anda makan adalah rasa kopi. Satu scoop sedang es krim kopi, bisa mengandung kafein sebanyak 29 mg didalamnya.

Nah, itulah tadi beberapa makanan dan minuman yang ternyata mengandung kadar kafein tinggi selain dari kopi. Semoga info di atas dapat berguna dan bermanfaat bagi anda. (Fin)

Sumber berita ini diambil dari selipan.com

Jabarnews | Berita Jawa Barat