Tiga Manfaat Udang Bagi Tubuh, Diantaranya Menyehatkan Rambut

JABARNEWS | BANDUNG – Udang merupakan salah satu jenis kerang yang banyak disukai orang. Bagian ekor dari udang merupakan sumber makanan utama untuk dikonsumsi.

Meski ada yang beranggapan bahwa udang adalah makanan yang tidak sehat, karena mengandung kolesterol yang cukup tinggi, namun sebenarnya udang merupakan makanan yang bergizi tinggi.

Udang termasuk kedalam makanan yang rendah kalori, serta mengandung protein dan lemak sehat dalam jumlah yang cukup besar, selain itu udang juga merupakan sumber asam lemak omega-6 dan omega-3 yang baik, yang mampu menawarkan berbagai macam manfaat untuk kesehatan.

Baca Juga:  Dinkes Jabar Lakukan Pengecekan Kesehatan Sopir Angkutan Umum

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber berikut manfaat udang bagi kesehatan tubuh, diantaranya yakni:

Pertama. Mencegah Kanker – Manfaat udang yang pertama adalah dapat menurunkan risiko penyakit kanker. Ada kandungan selenium pada udang yang dapat mencegah berbagai jenis kanker, terutama kanker prostat.

Selain itu, senyawa zinc dalam udang berperan penting dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker prostat. Asupan zinc atau seng yang dibutuhkan oleh tubuh sekitar 10-15 miligram setiap harinya. Dengan mengkonsumsi udang, kebutuhan tubuh terhadap zat tersebut akan terpenuhi.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Sebut Ada Warga Karawang Yang Terpapar Covid-19 Varian Baru

Kedua. Menyehatkan rambut – Udang dapat menjaga kesehatan rambut. Kandungan mineral yang ada pada udang, yaitu seng, berperan besar lho guys dalam menjaga kesehatan rambut.

Seng berperan penting dalam mempertahankan dan menciptakan sel-sel yang baru, yaitu sel rambut dan sel kulit, sehingga mampu mencegah rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Baca Juga:  Begini Cara Budidaya Durian Di Rumah, Ikuti Tahapannya

Ketiga. Meningkatkan Kesehatan Jantung – Tak kalah dengan ikan, udang juga merupakan makanan laut yang mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6. Kandungan tersebut baik untuk meningkatkan kesehatan tulang.

Melansir dari halodoc, nutrisi dalam udang mampu menurunkan risiko penyakit jantung dengan cara mengontrol kadar trigliserida. Bahkan, asam lemak dalam udang juga bermanfaat untuk mencegah radang sendi, depresi, Alzheimer, asma serta baik untuk ibu hamil. (Red)