Serius Tangani Korban Kekerasan Seksual di Kampus, FIB UNPAD Luncurkan ‘Halo Bu Dekan’

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran. (Foto: unpad.ac.id)

JABARNEWS | BANDUNG – Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran terus berupaya memberikan perlindungan terhadap mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan dari kejahatan kekerasan seksual. FIB pun membuka layanan pengaduan kekerasan seksual dilingkungan kampus bernama “Halo Bu Dekan”.

Dekan FIB Unpad Prof. Aquarini Priyatna mengatakan, layanan pengaduan ini sengaja dihadirkan guna menampung keluhan dari korban kekerasan seksual di lingkungan kampus Unpad. Tujuannya, guna menekan kekerasan seksual terjadi di lingkungan Unpad.

“Kita ingin FIB Unpad bebas dari kekerasan pelecehan seksual. Ini fenomena sosial yang ada di kita. Kita memikirkan bagaimana supaya itu tidak terjadi. Kalaupun terjadi, kita siap menanganinya,” katanya melansir dari laman resmi Unpad, Selasa (5/4/2022).

Baca Juga:  Dampak Kekosongan Posisi Wakil Wali Kota Bandung Terhadap Kebijakan

Atwin sapaan akrabnya menyebutkan, penanganan terhadap korban kekerasan seksual kerap menjadi kendala yang susah diselesaikan. Padahal isu ini sangat sensitif, dan korban pun terkadang tidak mau melaporkannya ke pihak yang berwajib karena satu dan lain hal.

Untuk itu, lanjutnya, pihaknya berupaya melakukan penanganan secara langsung. Layanan ini didorong untuk membuat korban merasa dirangkul dan memiliki ruang aman untuk bercerita mengenai kekerasan seksual yang dialaminya.