314.275 Siswa Ikuti UNBK SMK

JABARNEWS | BANDUNG – Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Ahmad Hadadi, menyatakan, sebanyak 314.275 siswa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). UNBK SMK berlangsung mulai 2 sampai 5 April 2018.

Terdapat tiga sesi yang diujikan, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Teori Kejuruan.

Baca Juga:  Kasus Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang, Polisi: Sudah Ada Titik Terang

“Penyelenggaraan pertama dikhususkan untuk SMK, UNBK di Jawa Barat sudah siap 100 untuk tahun ini,” katanya, saat ditemui di SMKN 12 Bandung, Kota Bandung, Senin (2/4/2018).

Hadadi menuturkan, selain SMK, untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliah (MA) pun akan menerapkan UNBK.

Baca Juga:  Waktu Pelaksanaan Pilkades Serentak di Purwakarta Belum Jelas

Diketahui, jumlah keseluruhan SMA, SMK dan MA yang mengikuti UNBK adalah 5330. Dengan rincian, SMA 1530 sekolah, SMK 2682 sekolah, dan MA 1118 sekolah. Untuk SMK sendiri, sebanyak 2.414 SMK di Jawa Barat melaksanakan UNBK secara mandiri, sedangkan 268 SMK melaksanakan UNBK di sekolah lain.

Baca Juga:  Cegah Perdagangan Orang, Polda Jabar Imbau Masyarakat Tak Tergiur Gaji Tinggi

Dari data tersebut, Hadadi menyampaikan, peningkatan jumlah peserta yang mengikuti UNBK terus bertambah dari tahun ke tahun.

“Secara total, tahun ini mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya. Ada sekitar 6.437 sekolah se-Jabar yang menyelenggarakan UNBK yang diikuti 63845 siswa,” pungkasnya. (Ted)

Jabarnews | Berita Jawa Barat