Buah Durian Mampu Tingkatkan Kesuburan Wanita

JABARNEWS | BANDUNG – Kita ketahui bersama bahwa ada banyak cara untuk meningkatkan kesuburan wanita misalnya, minum obat penyubur kandungan dan menjaga pola hidup tetap sehat. Menjaga asupan makanan salah satunya, sebab beberapa makanan menurut penelitian dapat mendukung keseimbangan hormon wanita.

Durian diketahui memiliki banyak manfaat sehingga dijuluki “King of Fruits”, termasuk berpotensi dalam meningkatkan kesuburan pada wanita.

Durian tumbuh dan berkembang luas di wilayah Asia Tenggara. Buah yang dijuluki raja dari segala buah ini memiliki kulit luar yang keras dan berduri. Namun, buah yang ada di dalamnya sangat lembut dan manis. Sayangnya, bau durian sangat menyengat sehingga cenderung membuat orang tidak menyukai buah ini dan enggan untuk memakannya.

Padahal, durian memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya meningkatkan kesuburan wanita. Berikut di bawah ini adalah khasiat buah durian bagi wanita, di antaranya:

1. Mengandung Fitoestrogen

Hormon estrogen secara alami diproduksi oleh tubuh, baik pada pria maupun pada wanita. Bedanya, kadar estrogen pada wanita lebih tinggi dibandingkan dengan pria. Nah, hormon yang disebut hormon seksual ini berperan penting dalam kesuburan wanita. Jadi, kekurangan hormon estrogen dapat menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur dan kesempatan untuk hamil menjadi lebih kecil.

Baca Juga:  DPRD Jabar Sidak Pasar Cikurubuk Kota Tasikmalaya, Ada Apa?

Fitoestrogen, yaitu molekul yang bekerja hampir sama pada tubuh seperti estrogen. Molekul ini ditemukan secara alami pada beberapa tumbuhan, termasuk durian. Kandungan fitoestrogen pada buah durian ini berpotensi untuk melawan efek ketidakseimbangan hormon pada wanita.

Hanya saja, penelitian yang membahas mengenai hal ini masih terbatas. Perlu penelitian lebih jauh mengenai kandungan fitoestrogen pada buah durian sebagai terapi hormon untuk meningkatkan kesuburan wanita juga dalam meringankan gejala menopause.

2. Memiliki Afrodisiak

Dilansir dari Mom Junction, Dr. K. Francis, Kepala Departemen Botani di Bharathiar University, India memaparkan bahwa buah durian bersifat afrodisiak. Artinya, buah durian bisa meningkatkan dorongan dan fungsi seksual baik pada pria dan wanita sehingga aktivitas seksualnya menjadi lebih baik.

Keuntungan lainnya, buah durian juga dapat meningkatkan motilitas sperma, yaitu kemampuan gerak sperma. Motilitas sperma adalah salah satu syarat sperma itu sehat. Semakin cepat sperma bergerak, semakin besar peluangnya untuk sampai ke sel telur dan melakukan pembuahan. Artinya, peluang untuk hamil semakin besar.

3. Menjaga Berat Badan

Estrogen ternyata tidak hanya diproduksi oleh indung telur, tetapi juga pada beberapa jaringan adiposa (sel-sel lemak). Berat badan yang sehat membuat estrogen diproduksi secara tepat. Sementara kelebihan berat badan bisa mengganggu produksi estrogen dengan baik. Begitu juga dengan kekurangan berat badan, produksi estrogen bisa terhambat.

Baca Juga:  Tak Segan, Kapolres Pangandaran Bakal Tindak Tegas Pelaku Penangkapan Baby Lobster Ilegal

Makan buah durian bisa mengurangi risiko memiliki berat badan yang tidak sehat. Tingginya jumlah serat, mineral, air, dan lemak sehat dan lengkap membantu berat badan tetap terkendali. Tapi, ini tidak berarti Anda bisa mengonsumsi buah ini dalam jumlah banyak. Anda harus selalu memperhatikan porsinya, supaya risiko efek samping bisa dihindari.

4. Berpotensi Meringankan Gejala PCOS

PCOS atau sindrom ovarium polikistik terjadi pada wanita yang memiliki hormon androgen yang lebih banyak dari seharusnya. Biasanya wanita dengan kondisi ini memiliki hirsutism, yaitu pertumbuhan rambut yang berlebih pada wajah dan tubuh, cenderung memiliki wajah berminyak sehingga lebih mudah berjerawat, dan berat badan berlebih.

Bila tidak diatasi, kondisi ini rentan memicu resistensi insulin yang bisa menyebabkan diabetes dan ketidaksuburan. Kondisi ini bisa menyebabkan siklus menstruasi yang tidak teratur dan sangat sulit untuk hamil.

Baca Juga:  DPMPTSP Jabar: Kami Berwenang Untuk Mencabut Izin PT MSS

Dilansir dari J Integr Med, buah durian yang bersifat antiradang, antioksidan, antiobesitas, antikolesterol, dan antipoliglikemik sedang ditinjau dan dipelajari lebih dalam mengenai mekanismenya terhadap ketidaksuburan dan PCOS.

5. Mencegah Anemia Dan Insomnia

Anemia dapat menggagalkan kehamilan karena produksi sel darah merah berkurang. Buah durian mengandung asam folat dalam jumlah besar yang penting dalam produksi sel darah merah. Selain itu, durian juga mengandung tembaga dan zat besi yang juga berperan dalam pembuatan sel darah merah. Jadi, dengan makan durian Anda mencegah terjadinya anemia yang bisa menyulitkan kehamilan.

Penyebab ketidaksuburan lainnya adalah pola tidur yang tidak baik, termasuk kekurangan tidur akibat insomnia. Saat kekurangan tidur, maka organ di dalam tubuh tidak dapat bekerja normal, termasuk dalam memproduksi hormon.

Buah durian mengandung tritofan, zat kimia organik yang bisa menyebabkan kantuk. Saat masuk ke otak, tritofan diubah menjadi serotonin yang memicu relaksasi otot dan melatonin yang membuat Anda dapat tertidur dengan mudah.

Nah itulah tadi sedikit ulasannya dan semoga dapat bermanfaat bagi Anda. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari Hellosehat

Jabarnews | Berita Jawa Barat