Bupati Sumedang Terpilih Komitmen Hidupkan Kesenian Setiap Bulan

JABARNEWS | SUMEDANG – Menghidupkan kembali kesenian tradisional menjadi salah satu komitmen Bupati Sumedang terpilih Dony Ahmad Munir. Hal itu diungkapkan Dony ketika membuka sebuah acara di Alun-alun Darmaraja, Kabupaten Sumedang, belum lama ini.

’’Dari kegiatan ini ada beberapa makna yang bisa kita ambil. Pertama jadi tempat silaturahim antara seniman, budayawan dengan masyarakat Darmaraja,” kata Dony seperti dikutip sumedangonline.com.

Kemudian, lanjut dia, acara pagelaran seni tradisi juga sebagai sarana untuk mengembangkan bakat dan minat seni dan budaya. Pun dapat melestarikan seni Budaya Sunda yang ada di Kabupaten Sumedang, khususnya Kecamatan Darmaraja.

Baca Juga:  Longsor Bahu Jalan Kolmas, Akses Wisata Curug Pelangi Dibatasi

’’Melestarikan budaya lama yang baik dan menggali budaya yang baru yang lebih baik. Dengan adanya seni dan budaya seperti ini akan menghaluskan budi dan rasa kita,’’ sambungnya.

’’Hanya dengan seni, budaya, dan rasa hati kita akan halus. Jika budi dan rasa sudah halus insya Allah hati kita bisa membedakan yang benar dan salah, bisa membedakan yang hak dan batil. Apabila hati kita sudah bisa membedakan antara yang hak dan batil, semoga kita dapat menegakkan amar makruf nahi Munkar. Itu bagian dari nikai seni dan budaya,” tutupnya.

Baca Juga:  Ditemukan Barang Terlarang Saat Razia di Lapas Purwakarta

Sementara Camat Darmaraja Agus Khori Hidayat berharap agar kegiatan semacam itu sebagai sarana untuk ruang berekspresi para seniman yang ada di Darmaraja.

Baca Juga:  Rela Gembala Bebek Demi Pengobatan Ibunya, Seorang Pelajar di Tasikmalaya Dapat Hadiah Sepeda

’’Di Darmaraja banyak sekali kesenian yang ada di Darmaraja ini. Ada yang berbeda 2017 dan 2018. Di 2018 kita ingin lebih menampilkan semua seni yang ada di kecamatan Darmaraja. Beberapa waktu lalu, ada dari Jepang itu hanya sebagai ajang motivasi. Jepang saja dapat mencintai seni tradisi kenapa kita tidak?” imbuhnya. (Abh)

Jabarnews | Berita Jawa Barat