Catat! Perhutani Siap Pulihkan Kerusakan Area Edelweis di Ranca Upas

Ranca Upas
Kondisi rusaknya tanaman Edelweis, yang dilindas komunitas motor trail di Ranca Upas, Kabupaten Bandung. (Foto: Humas Perhutani).

Dan bahkan, lahan yang ditanami bunga edelweis pun dirusak oleh ban rombongan motor tersebut sehingga kebun edelweis rata dengan tanah, tidak ada satu pun bunga bermekaran yang tersisa.

Direktur Utama PT Perhutani Alam Wisata Lucy Mardiana bersama Asep Dedi Mulyadi Kepala Divisi Regional Perhutani Jawa Barat Banten menyampaikan terima kasih kepada aliansi pencinta alam Jawa Barat dan semua pihak yang sudah memberikan perhatian terhadap kejadian di kawasan wisata Ranca Upas, Ciwidey, Kabupaten Bandung, guna perbaikan tata kelola pihaknya terutama dalam penyelenggaraan event-event yang menggunakan lokasi wisata yang dikelolanya.

Baca Juga:  Soal Pembangunan Tol Getaci, Uu Ruzhanul Ulum Minta Masyarakat Lepas Lahannya Dengan Harga Wajar

Lucy mengatakan untuk mempercepat upaya pemulihan lingkungan pascakerusakan, dalam waktu dekat pihaknya akan mengadakan gerakan rehabilitasi dengan melibatkan elemen penggiat lingkungan dan stakeholder terkait lainnya termasuk media.

Baca Juga:  Kapolri Sigit Sebut Sabu 1,1 Ton di Pangandaran Transaksinya di Tengah Laut

Penutupan operasional sementara Wana Wisata Ranca Upas dari kunjungan wisatawan terhitung sejak tanggal 8 Maret 2023.

“Untuk selanjutnya segala kegiatan dalam bentuk Trail dan Offroad di dalam kawasan hutan dilarang untuk dilaksanakan sebelum adanya perbaikan SOP dalam perijinan pelaksanaan event,” tandasnya. (Red)

Baca Juga:  Polres Garut Dalami Sopir Angkutan Umum yang Positif Narkoba Usai Jalani Tes Urin di Terminal Guntur