Ceu Popong: Indonesia Merdeka Bukan Hadiah Tapi Hasil Pengorbanan Para Pahlawan

JABAR NEWS | BANDUNG – Hari ini masyarakat Indonesia memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-72.

Dimana kemerdekaan tersebut merupakan hasil dari perjuangan dan pengorbanan para pahlawan merebut kemerdekaan dari para penjajah.

Hal tersebut diungkapkan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI asal Jawa Barat, Popong Otje Djundjunan (Ceu Popong) saat diwawancara usai menghadiri Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-72 di lapangan Gasibu Bandung, Kamis (17/08/2017).

Baca Juga:  Viral Kecelakaan Kerja Pembongkaran Pilar Proyek Kereta Cepat, Begini Tanggapan KCIC

“Kemerdekaan kita itu adalah hasil dari pengorbanan bukan hadiah. Baik pengorbaan harta, nyawa, keluarga dan darah para pahlawan yang berjuang merebut kemerdekaan Indonesia,” ujarnya.

Ia mengatakan masyarakat Indonesia patut berbangga karena kemerdekaan Indonesia bukan merupakan hadiah dari penjajah. Tidak seperti negara-negara lain, seperti Malaysia, Singapura dan Pakistan.

“Kita harus bangga kita harus punya harga diri, bahwa kemerdekaan kita bukan hadiah, bukan hadiah dari penjajah. Tidak seperti negara tetangga semua kemerdekaan mereka hadiah tapi kita betul-betul melewati perebutan oleh para pahlawan,” ucapnya.

Baca Juga:  Tutup Student Exchange, Philipina - Bandung Saling Tukar Pengetahuan Budaya

Ceu Popong menuturkan, tugas masyarakat Indonesia saat ini bukan lagi merebut kemerdekaan, tetapi untuk mengisi kemerdekaan yang sudah diraih selama 72 tahun ini.

Mengisi kemerdekaan bukan hanya merupakan tugas Presiden dan para pejabat negara tetapi merupakan tugas semua warga negera Indonesia dari seluruh lapisan mulai usia 15 sampai 64 tahun.

Baca Juga:  Ini Langkah Oded M Danial Upaya Meminimalisir Kembali Terjadi Banjir di Bandung

“Semua warga negara Indonesia dalam umur demografi wajib mengisi kemerdekaan termasuk kita dari mulai 15 sampai 64 tahun,” tuturnya.

Ceu Popong menambahkan menjadi warga negara yang baik merupakan salah satu bentuk nyata dalam mengisi kemerdekaan Indonesia.

“Jadilah warga negara yang baik bekerja dengan baik. Semua punya kewajiban mengisi kemerdekaan, sebagai apapun kita jadilah yang terbaik,” tutupnya. (Nur)

Jabar News | Berita Jawa Barat