Ciptakan Kenyamanan Liburan, Disparbud Garut Ajak Pengusaha Wisata

JABARNEWS | GARUT – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) Kabupaten Garut, sudah bersiap menyambut lonjakan jumlah wisatawan ke sejumlah destinasi wisata diwilayahnya saat libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) Kabupaten Garut, Budi Gan Gan mengajak pelaku usaha pariwisata untuk bersama-sama menciptakan kondisi nyaman untuk wisatawan pada musim libur pergantian tahun.

Baca Juga:  Lokasi dan Layanan SIM Keliling Kota Bandung Hari Ini Sabtu 25 Januari 2023

“Kami sudah sosialisasikan kepada para pelaku usaha pariwisata, bagaimana agar wisatawan nyaman di Garut,”ujar Budi, Rabu (25/12/2019).

Bahkan, lanjut dia, jajarannya sudah berkoordinasi dengan kepolisian untuk menjaga keamanan dan mengantisipasi praktik pungutan liar di tempat wisata.

“Sudah koordinasi agar kejadian pungli (pungutan liar) dan premanisme tidak terjadi di Garut,” katanya.

Namun masih adanya praktik pungutan liar terhadap wisatawan di Cipanas Garut, kata Budi, itu merupakan oknum segelintir orang yang memanfaatkan momentum musim liburan.

Baca Juga:  Enam Pejabat Terpapar Covid-19, Seluruh ASN Pemkab Cianjur Dilarang Lakukan Ini

Kasus tersebut, lanjut dia, sudah ditangani oleh kepolisian, dan mengamankan beberapa orang yang diduga melakukan praktik pungutan liar di Cipanas Garut.

“Saya sudah laporkan, pelakunya telah ditangkap,” katanya.

Ia menambahkan destinasi wisata lain yang rawan terjadinya pungutan liar yakni di wilayah selatan Garut, namun potensi itu sudah diantisipasi dengan menyiagakan personel dari kepolisian setempat.

Baca Juga:  Kota Bandung Pembuka Rangkaian Festival Pesona Lokal

Keberadaan polisi itu, kata dia, akan menciptakan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan, termasuk mencegah terjadinya tindak kriminalitas seperti pungutan liar.

“Kami sudah antisipasi semua, untuk masalah teknis pengamanannya polisi yang menentukan,” katanya. (Ara)