Cuaca Ekstrim, Status Bandung Barat Jadi Siaga Darurat Bencana

JABARNEWS | BANDUNG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat meningkatkan status kebencanaan daerah menjadi siaga darurat bencana.

Hal tersebut lantaran saat ini cuaca ekstrem sedang melanda wilayah Bandung Raya termasuk Bandung Barat untuk beberapa pekan ke depan.

Kepala Pelaksana BPBD Bandung Barat Duddy Prabowo mengatakan wilayah Bandung Barat memiliki potensi bencana tanah longsor dipicu oleh kontur tanah yang labil dan cuaca ekstrem atau hujan dengan intensitas tinggi.

“Terkait dengan status KBB, jadi saat ini kita memang berada pada status siaga darurat bencana seperti banjir, banjir bandang, dan longsor,” ungkap Duddy kepada wartawan Rabu (10/2/2021).

Baca Juga:  Mohon Dibantu! Rafni Gadis Kota Banjar Hilang Usai Pulang Shalat Tarawih

Duddy menyebutkan cuaca ekstrem ini berpotensi memicu terjadinya bencana hidrometeorologi. Warga diminta untuk tetap waspada menghadapi potensi bencana yang bakal terjadi sewaktu-waktu.

“Kita harus tetap waspada terutama saat ini dalam cuaca ekstrem hujan disertai angin kencang dan mungkin sesekali ada petir. Kalau lihat prakiraan cuaca, kondisi ini sampai akhir Februari,” ujarnya.

Duddy menjelaskan wilayah Bandung Barat memiliki potensi bencana tanah longsor cukup besar. Potensi itu menyebar hampir di 15 kecamatan se-Bandung Barat bila melihat topografi daerah.

Baca Juga:  Mahasiswa Bekasi Minta Usut Tuntas Dugaan Korupsi Mess Mahasiswa

“Kalau di Bandung Barat untuk longsor hampir semua (kecamatan), tapi prioritas pengawasan memang ada di 11 desa. Melihat topografinya, rata-rata punya kemiringan lereng di atas 30 derajat,” terangnya.

Selain bencana tanah longsor, potensi banjir bandang pun menjadi ancaman bagi Bandung Barat. Wilayah yang berpotensi terjadinya banjir bandang ini berada di tiga kecamatan, Cisarua, Cipatat, dan Gununghalu.

“Kalau banjir bandang ada beberapa titik seperti Gununghalu yang memang ada potensi sungai besar di sana kemudian Cipatat dan Cisarua,” sebutnya.

Baca Juga:  Bom Bunuh Diri, Ridwan Kamil: Tetap Tentang

Terbaru ada kejadian longsor di dua titik di Perumahan Taman Bunga Desa Cilame, Ngamprah dan di Desa Tugumukti, Cisarua. Longsor itu terjadi akibat intensitas hujan deras dengan rentang waktu cukup lama kemarin.

“Hanya yang terdampak lumayan agak parah ada di perumahan Cilame ada empat yang terdampak hanya tidak ada korban jiwa semua mengalami luka-luka dan sudah di evakuasi ke rumah sakit,” pungkasnya. (Red)