Diskanak Kabupaten Purwakarta: PMK Tak Menular Ke Manusia

Petugas dari Diskanak Kabupaten Purwakarta saat melakukan pengecekan hewan ternak di Pasar Hewan Ciwareng. (Foto: Gin/Jabarnews)

JABARNEWS | PURWAKARTA – Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Purwakarta menegaskan Penyakit Mulut Kuku (PMK) pada hewan yang kini tengah merebak di beberapa daerah, tidak menular ke manusia atau zoonosis.

Dokter hewan Diskanak Kabupaten Purwakarta, Wini Karmila, menjelaskan bahwa PMK bukanlah penyakit zoonosis. Zoonosis sendiri merupakan penyakit yang menular dari hewan ke manusia.

Baca Juga:  Polres Purwakarta Limpahkan Oknum Ustad Cabul ke Kejaksaan

“Virus PMK tidak menular ke manusia atau bukan termasuk zoonosis. Jadi warga tidak perlu takut, hanya bagi peternak perlu meningkatkan kewaspadaan. Sejauh ini, belum ada temuan kasus manusia yang terinfeksi PMK,” ucap Wini saat melakukan pengawasan di Pasar Hewan Ciwareng, Kabupaten Purwakarta, pada Senin (15/5/2022).

Baca Juga:  Info Kesehatan Ini Sangat Penting untuk Pasien Diabetes

Bahkan, ia menyebut masyarakat tetap bisa mengonsumsi daging dan susu sapi dengan pengolahan yang sempurna.

“Ini yang harus dipahami masyarakat bahwa tidak perlu takut mengkonsumsi daging dan susu. Selama diolah dengan cara yang benar maka virus menjadi in-aktif,” urainya.

Baca Juga:  Haru Bercampur Bahagia Terpancar dari Pasutri Lansia di Purwakarta Usai Rumahnya Direnovasi