DLH Jabar Targetkan Pengurangan 30 Persen Sampah pada Tahun 2025

Ilustrasi sampah di Kota Bandung. (Foto: Dok. JabarNews).

JABARNEWS |BANDUNG – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jawa Barat Prima Mayaningtyas melaporkan bahwa satu warga Jabar dapat menghasilkan sekira 0,497 kg/orang/ hari sampah. Jika diakumulasikan, ada kurang lebih 24.790 ton sampah dihasilkan setiap harinya di Jabar.

Dari jumlah tersebut, 43 persen sampah organik, 15 persen sampah plastik, 11 persen sampah kertas, 2 persen sampah logam, 0.9 persen sampah karet, 2 persen sampah kain, 3 persen sampah kaca, dan 11 persen sampah lain-lain.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Ajak Masyarakat Bermuhasabah di Malam Tahun Baru

Prima menuturkan, pihaknya menargetkan pengurangan 30 persen sampah pada 2025. Dalam skala regional, Jabar sendiri saat ini baru mampu mengurangi sampah sebesar 6,52 persen.

Baca Juga:  Permudah Pelayanan, Kini Bayar Iuran BPJS Ketenagakerjaan Bisa Lewat Agen BRILink

“Peran besar dari ibu rumah tangga mengurangi dari sumbernya,” kata Prima. “Peran ibu- ibu bagaimana mengurangi secara aksi, dan mengedukasi anggota keluarga dan masyarakat sekitar. Kami berharap webinar ini memberi wawasan,” kata Prima di Kota Bandung, Selasa (21/12/2021).

Baca Juga:  Kabid Humas Polda Jabar: EO Konser Tulus di Bandung Terancam Sanksi

Prima juga menyebut, ibu adalah potensi besar dalam menekan jumlah sampah di Jabar. Apalagi di Jabar, terdapat sebanyak 52.193 RW, 5.312 desa, 645 kelurahan. “Semuanya banyak ibu-ibu di kecamatan, di RW berpotensi mengurangi sampah yang ada di Jawa Barat,” ucapnya.