HUT Ke 73 RI, PT SPV Pamer Eco Village

JABARNEWS | PURWAKARTA – Dalam peringatan 73 tahun kemerdekaan Indonesia di Purwakarta, wujud kerja nyata yang dilakukan secara mandiri oleh warga Desa Cicadas melalui salah satu kegiatan yaitu Eco Village di sekitar PT. South Pacific Viscose.

Eco Village yang didukung oleh PT. South Pacific Viscose itu berupa pengelolaan sampah melalui Bank Sampah dan pertanian hidroponik dengan budidaya sayur Kangkung dan sayur Pakcoy.

“Kami memberikan apresiasi atas respon positif dari warga desa sekitar pabrik. Kegiatan ini kami beri tema melalui salah satu kegiatan CSR ini yang terbukti memotivasi warga untuk mandiri,” ujar Widi Nugroho Sahib selaku Head of Corporate Affairs PT. South Pacific Viscose, Sabtu (18/8/2018)

Kegiatan Bank Sampah, lanjut Widi, salah satu cara untuk mengedukasi warga untuk mengelola sampah supaya lingkungan menjadi lestari dengan mengolahnya supaya tidak mencemari lingkungan.

Baca Juga:  Beri Rasa Aman dan Nyaman, Tim Bima Sat Samapta Polres Purwakarta Cek Objek Wisata

“Aktivitas ini sejalan dengan visi perusahaan yang memperhatikan ‘sustainability aspect’ dalam 3 sektor yaitu people, planet, dan profit,” papar Widi Nugroho Sahib – peraih penghargaan Indonesia PR of The Year 2010 itu.

Dengan kegiatan ini, dia berharap, PT. South Pacific Viscose dapat mempertahankan kualitas manajemen pengelolaan lingkungan yang sudah baik untuk semakin lebih baik.

Sementara, salah Warga Desa Cicadas, Ujang yang tengah melaksanakan panen sayur hidroponik, sekaligus merayakan 73 tahun kemerdekaan Indonesia ini membuktikan bahwa dengan bekal motivasi positif akan memberi hasil nyata yang bermanfaat.

“Kegiatan ini bisa jadi relaksasi yang dapat menjadi sumber penghasilan tambahan – untuk kami sebagai warga desa yang juga bekerja di PT. South Pacific Viscose.” ujar Ujang – warga Kampung Ciasem yang masuk wilayah Desa Cicadas.

Baca Juga:  Layanan dan Lokasi SIM Keliling Purwakarta Hari Ini Rabu 25 Januari 2023

Tambah Ujang, pihaknya dari warga Kampung Ciroyom akan mulai menanam Hidroponik di bulan Agustus ini seperti Kampung Ciasem.

“kata Kegiatan ini, supaya sebagai warga desa bisa semakin mandiri,” ujaranya.

Diketahui, PT. South Pacific Viscose, juga mendukung inisiatif pemerintah dalam program Citarum sesuai Peraturan Presiden Nomor 15 Tahun 2018 dengan penanaman lebih dari 400 pohon Trembesi dikombinasi dengan pohon Kelapa Hibrida dan pohon Nangka Bali sejak bulan Juni lalu di sepanjang ruas sungai Citarum – mulai dari Desa Cikao Bandung hingga Desa Cilangkap.

Selain itu, PT South Pacific Viscose telah selesai melaksanakan revitalisasi lahan di DAS Citarum yang semula merupakan lokasi pembuangan sampah rumah tangga dari warga Kampung Sawah menjadi kebun buah mangga.

Baca Juga:  Polres Bekasi Gelar Operasi Penyakit Masyarakat, Sita 11 Dus Miras

Tak hanya itu, nanti Pada hari ini Sabtu, 18 Agustus 2018 PT. South Pacific Viscose akan berpartisipasi bersama pemerintah daerah dalam perayaan 17 Agustus dengan menanam pohon Trembesi dan pohon Kelapa Hibrida serta pohon Nangka Bali, sekaligus menebar benih Ikan Nila di sungai Citarum pada ruas Desa Cikao Bandung, yang sekaligus untuk mengenang sejarah Desa Cikao Bandung sebagai Dermaga Angkutan Sungai yang pertama kali di Purwakarta sebagai akses transportasi hingga pesisir pantai Utara Jawa yaitu di hilir sungai Citarum lebih tepatnya di Bekasi Utara. (Gin)

Jabar News | Berita Jawa Barat