Jelang Nataru, Personel Gabungan di Purwakarta Lakukan Ramp Check dan Tes Kesehatan

Polres Purwakarta
Pemeriksaan kelaikan kendaraan atau ramp check untuk kendaraan umum yang dilakukan petugas gabungan. (Foto: Dok. Polres Purwakarta).

“Jelang Natal dan tahun baru ini diperkirakan membuat arus lalu lintas makin padat. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengantisipasi di masa liburan panjang supaya angkutan angkutan umum bisa aman nyaman digunakan masyarakat untuk bepergian dari satu tempat ke tempat lain. Tak hanya sopir angkutan umum saja, tadi juga sopir truk dan sopir barang kita lakukan pemeriksaan,” terang Dadang, pada Selasa, 19 Desember 2023.

Baca Juga:  Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan Membusuk di Sungai Ciherang Purwakarta

Salah satu antisipasi lainnya, tambah dia, dapat mencegah terjadinya kecelakaan, dengan memastikan kondisi kesehatan para pengemudi. Terutama, pengemudi bus dan truk.

“Sementara ini belum ada temuan kendaraan yang tidak laik jalan. Kami melakukan pengecekan mulai dari ban, pengapian, lampu, termasuk juga surat-suratnya, serta pengecekan untuk dokumen uji kir,” ungkapnya.

Baca Juga:  Operasi Patuh Lodaya 2023 di Purwakarta Dimulai, Ini Jenis Pelanggaran yang Jadi Incaran

Untuk bpemeriksaan kesehatan, lanjut Dadang, yang dilakukan terhadap pengemudi angkutan umum sifatnya ringan.

“Baik pengemudi angkutan dalam provinsi atau antarprovinsi, pemeriksaan yang dilakukan adalah tekanan darah, gula darah, kandungan narkoba dalam urine. Misalnya ditemukan tekanan darah yang tinggi atau gula darahnya tinggi, tim dokes Polres Purwakarta lakukan edukasi untuk kontrol rutin. Kalau memang tidak laik untuk mengemudikan sebaiknya digantikan pengemudi cadangan,” ujar Dadang.

Baca Juga:  Sah! Ryan Andriana Terpilih Jadi Ketua DPD KNPI Purwakarta