Keberhasilan TMMD Ke-113 di Purwakarta Tak Lepas Dari Peran Babinsa

Kegiatan TMMD Ke-113 Kodim 0619/Purwakarta di Desa Wanawali, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta. (Foto: Dok Kodim 0619/Purwakarta)

Ada pun sasaran nonfisiknya membina komunikasi sosial memberikan berbagai penyuluhan terkait bahaya terorisme, radikalisme, dan komunisme. Penyuluhan tentang KB dan bahaya narkoba, hingga olahraga bersama dan salat berjemaah.

TMMD ke-113 ini dilaksanakan di Desa Wanawali, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta. Sasaran pokoknya adalah pelebaran bahu kiri kanan jalan selebar 85 cm, pembangunan drainase kiri kanan jalan sepanjang 225 meter, pembangunan gorong-gorong dengan panjang tujuh meter dan diameter 50 cm, serta pengecoran jalan sepanjang 435 meter dengan lebar lima meter.

Baca Juga:  Yogie Mochamad dan Babak Baru Kepolitikan

Untuk sasaran tambahan, di antaranya berupa rehab rumah tidak layak huni (rutilahu) sebanyak tiga unit dan sarana air bersih satu unit. Adapula fasilitas mandi, cuci, kakus (MCK) komunal sebanyak dua unit, yakni satu unit dua pintu dan unit lainnya empat pintu. Sasaran tambahan lainnya adalah ketahanan pangan berupa penanaman palawija di lahan seluas dua hektare.

Baca Juga:  RKK Wilayah Cimahi Dorong Ridwan Kamil Maju di Pilpres 2024

Tak hanya pembangunan fisik, TMMD juga membangun sumber daya manusia desa setempat melalui kegiatan nonfisik. Di antaranya, penyuluhan bahaya narkoba, pengetahuan hukum, edukasi pemilu, hingga pendidikan bela negara dan wawasan kebangsaan. Tak sampai di situ, ada pula sosialisasi penanggulangan bencana alam, posyandu, pencegahan stunting.

Baca Juga:  Soal Ambu Anne Gugat Cerai Suaminya, Begini Pesan KH John Dien

Babinsa kerap terlibat dalam berbagai kegiatan di masyarakat tak terkecuali saat pelaksanaan TMMD ke-113 di Desa Wanawali, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta. Di antaranya saat pembangunan rutilahu dan komunikasi sosial (komsos). (Gin)