Keberhasilan TMMD Ke-113 di Purwakarta Tak Lepas Dari Peran Babinsa

Kegiatan TMMD Ke-113 Kodim 0619/Purwakarta di Desa Wanawali, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta. (Foto: Dok Kodim 0619/Purwakarta)

Seorang Babinsa seolah telah mewakafkan dirinya untuk mengabdi kepada negara dan berbakti kepada masyarakat.

“Superhero” serbabisa ini haram mengucapkan kata tidak saat ada warga yang meminta bantuan, seharam menolak perintah pimpinan.

Ketika ada kecelakaan di wilayahnya, maka dia tahu harus berkoordinasi dengan siapa. Ketika bencana alam terjadi, dialah yang paling pertama menyebarluaskan informasi, baik kepada pimpinan dan pihak terkait, sekaligus menjadi yang pertama menolong korban.

Baca Juga:  Angin Kencang Terbangkan Atap Rumah Warga di Kabupaten Purwakarta

Ketika ada misi pencarian pesawat jatuh atau mencari pendaki yang hilang, dia pula yang menunjukkan akses jalan yang akan dituju.
Orang boleh bangga memiliki koleksi nomor-nomor ponsel para pejabat pemerintahan, maka coba cek daftar kontak seorang Babinsa. Selain nomor kades dan pimpinannya, pasti di situ ada nomor para ketua RT/RW, nomor tokoh pemuda, tokoh masyarakat, dan nomor informan yang boleh jadi ternyata seorang tukang ojeg, tukang becak, atau marbot masjid. Uniknya, Babinsa sendiri kerap didaulat menjadi Ketua RW di lingkungan tempat tinggalnya.

Baca Juga:  Mahasiswi Asal Cianjur Meninggal di Al-Azhar Cairo, JQR Bantu Pemulangan Jenazahnya

Dandim 0619 Purwakarta, Letkol Arm Krisrantau Hermawan mengatakan, salah satu tugas pokok TNI adalah membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga:  Ramalan Cuaca Purwakarta, Rabu 6 April 2022