Keberhasilan TMMD Ke-113 di Purwakarta Tak Lepas Dari Peran Babinsa

Kegiatan TMMD Ke-113 Kodim 0619/Purwakarta di Desa Wanawali, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta. (Foto: Dok Kodim 0619/Purwakarta)

JABARNEWS | PURWAKARTA – Bintara Pembina Desa atau lebih dikenal dengan sebutan Babinsa, masyarakat adalah seorang tentara senior aktif yang kerap hadir di berbagai peristiwa di suatu daerah. Perawakannya tegap khas tentara, sikapnya ramah, murah senyum dan bersahabat.

Memang, sosok seorang Babinsa sangat lekat di kehidupan sehari-hari masyarakat. Bila mana ada suatu kegiatan atau pun peristiwa di masyarakat, maka Babinsa selalu hadir saat itu juga. Dengan pakaian lorengnya yang khas, sosok Babinsa sebenarnya mudah dikenali.

Baca Juga:  Pasokan Langka, Harga beras di Pasar Tradisional Purwakarta Merangkak Naik

Sebut saja, saat ada warga yang meninggal, rumah tetangga kebakaran, langsung saja cari sosok berseragam tentara, maka itulah Babinsa. Longsor, banjir, pembuatan jalan, kecelakaan lalu lintas di jalan desa, khitanan massal, pembangunan rutilahu, hingga akrab mengobrol di warung kopi bersama warga dan ada sosok berseragam TNI di sana, maka itulah Babinsa.

Baca Juga:  Tangki Limbah Pabrik Kelapa Sawit di Labuhanbatu Meledak, Empat Pekerja Tewas

Saking lekatnya Babinsa di masyarakat, ada peribahasa “jatuhnya jarum di suatu desa, maka Babinsa harus tahu”.Terdengar hiperbola memang, namun sevital itulah peran Babinsa di masyarakat.

Baca Juga:  Dana Hibah Pilkada Purwakarta Tembus Rp50,5 Miliar, Segini Jatah KPU dan Bawaslu

Sosok yang selalu bisa diandalkan dan paling pertama dicari ketika ada suatu peristiwa di masyarakat.