Kemenag Resmi Tetapkan Awal Ramadan, 17 Mei

JABARNEWS | JAKARTA – Secara resmi hasil sidang itsbat, Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menetapkan 1 Ramadan jatuh pada Kamis (17/5/2018) lusa.

Pengumuman itu disampaikan Lukman bersama perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Abdulllah Jaidi, Ketua Komisi VIII Ali Taher, dan Dirjen Bimas Islam Kemenag Muhammadiyah Amin.

Dikutip Republika.co.id, setelah Kemenag mempertimbangkan sejumlah pendapat dalam sidang itsbat yang dihadiri oleh perwakilan dari 74 ormas Islam, Komisi VIII, MUI, LAPAN, dan perwakilan negara-negara sahabat tersebut.

Baca Juga:  Usai Sirkuit Mandalika Dijajal Jokowi, Fadli Zon Nyinyir Begini

Sebelum mengambil keputusan, tim Kemenag telah disebar ke 95 titik di Indonesia. Menurutnya, berdasarkan metode ruqyat dan juga hisab, peserta sidang telah sepakat untuk menjalani puasa pada 17 Mei 2018.

“Tanggal 1 ramadan jatuh pada hari Kamis 17 Mei 2018. Itulah keseimpulan rapat sidang itsbat yang diikuti pimpinan ormas-ormas Islam dan MUI dan perwakilan dari negara-negara shabat,” ujar Menteri Lukman saat konferensi pers di gedung Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (15/5) malam.

Baca Juga:  Cari Udang Lobster di Perairan Simeulue, Nelayan Asal Aceh Dilaporkan Hilang

Menurut dia, posisi hilal di seluruh Indonesia masih di bawah ufuk. Dari 32 pelaku ruqyatul hilal, tidak ada satu pun yang melihat hilal. Berdasarkan laporan itu maka bulan Sya’ban disempurnakan dengan cara istikmal menjadi 30 hari sehingga malam ini ditetapkan tanggal 30 Sya’ban.

“Mudah-mudahan keputusan ini memberikan berkah,” ucapnya.

Dengan hasil sidang itsbat ini, ormas NU, Muhammadiyah, Persis, serta ormas Islam lainnya akan menjalani ibadah puasa secara bersamaan pada Kamis (17/5) lusa.

Baca Juga:  Update Covid-19 Indramayu: 12 Pasien Sembuh, Enam Orang Positif Corona

Umat Islam diimbau untuk mulai mempersiapkan diri menyambut datangnya bulan suci ini.

“Atas nama pemerintah, kami menyampaikan kepada seluruh umat Islam selamat memasuki bulan ramadan. Mudah-mudahan kualitas puasa kita tahun ini semakin meningkat, tidak hanya ibadah mahdhoh-nya, tapi juga ibadah sosialnya,” kata Lukman. (Vie)

Jabarnews | Berita Jawa Barat