Menkes Budi Gunadi Sadikin Resmikan Pabrik Alkes di Purwakarta, Begini Pesannya

Menkes Budi Gunadi Sadikin merresmikan pabrik alat kesehatan di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (20/1/2022). (istimewa)

JABARNEWS | PURWAKARTA – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meresmikan pabrik alat kesehatan (alkes) di Kampung Nagrog, Desa Kertamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta, Kamis 20 Desember 2022

“Kita sudah melakukan pendekatan ke sejumlah perubahan di dunia yang bisa membangun pabriknya di Indonesia,” katanya disela peresmian pabrik alkes di Purwakarta, Jawa Barat.

Baca Juga:  Kamu Harus Tahu! Ini Daftar Merek Obat yang Dikonsumsi Pasien Gagal Ginjal Akut

Ia mengaku sebelumnya telah diperintahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo untuk melakukan transformasi di sektor kesehatan.

“Salah satunya kita melakukan transformasi di sistem pertahanan kesehatan sehingga kalau terjadi bencana atau pandemi lagi kita telah siap,” kata katanya.

Baca Juga:  Terkait Covid-19, Menkes Budi Gunadi Sadikin Pastikan Tidak Akan Menetapkan Kebijakan Khusus Saat Idul Adha 2022

Menurut Menkes salah satu hal penting dari sistem kesehatan adalah “supply” (pasokan) dari ujung ke ujung, yakni produksi lokal dari alat kesehatan maupun alat tes dan obat-obatan.

Baca Juga:  Menkes: Beberapa Negara Sudah Alami Puncak dari Kasus Omicron