Mulai dari Distraksi hingga Perdamaian Ukraina-Rusia, Ridwan Kamil Berpesan Begini

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan cinderamata kepada Wali Kota Assisi Stefania Proietti, Sabtu (21/5/2022). (Foto: Biro Adpim Jabar).

Salah satu distraksi itu adalah pemanasan global. Dalam berbagai aktivitas, warga dunia menghasilkan terlalu banyak karbon.

Langkah tepat harus dilakukan, dimulai dari disi sendiri. “Saat ini saya mempromosikan untuk mengurangi karbon. Saya satu-satunya Gubernur yang menggunakan mobil listrik karena saya harus kampanye, saya harus walk the talk (berbuat sesuai perkataan),” ungkapnya.

Baca Juga:  Bambu Gila, Tradisi Unik dengan Nuansa Mistis

Aksi lainnya adalah dukungan Jabar untuk menginisiasi pembangunan beragam infrastruktur ramah energi. Dalam waktu dekat, Jabar bakal menjadi rumah bagi pembangkit listrik tenaga matahari, bayu, hingga panas bumi, terbesar di Asia Tenggara.

Baca Juga:  Seorang Pria Warga Kebon Pedes Bogor Jadi Korban Begal, Selain Alami Luka Motornya Juga Ikut Raib

“Kami memproduksi solar panel terbesar mengapung di atas air di Asia Tenggara. Kami membangun geotermal terbesar untuk mengganti bahan bakar fosil. Bersama sedikitnya 100 kepala daerah di Indonesia, kami juga berkomitmen mewujudkan langkah transformasi ke energi terbarukan,” tuturnya.

Baca Juga:  Ramalan Cuaca Kota Bandung, Minggu 15 Mei 2022

Distraksi kedua adalah disrupsi digital, Ridwan Kamil menjelaskan, digitalisasi membuat jutaan orang kehilangan pekerjaan. Namun, dengan digitalisasi juga menciptakan 120 juta pekerjaan baru.