Penasaran Anggaran Pengelolaan Sampah di Jawa Barat? Segini Jumlahnya

Sampah Kota Bandung
Tumpukan sampah di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Kelurahan Merdeka, Kota Bandung. (Foto: Rian/JabarNews).

JABARNEWS │ BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) telah menganggarkan 0,4 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2024 senilai Rp36,79 triliun untuk penanganan sampah melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Baca Juga:  Kasus PMK Capai 233.370, Inilah Lima Provinsi dengan Kasus PMK Tertinggi

Meski begitu, Kepala DLH Provinsi Jawa Barat, Prima Mayaningtias, menyatakan bahwa alokasi anggaran pengelolaan sampah tersebut dianggap terlalu kecil mengingat besarnya volume sampah yang dihasilkan oleh wilayah Jawa Barat yang mencapai 25 ribu ton per hari.

Baca Juga:  HUT ke-542, Bey Machmudin Pastikan Terus Dukung Kemajuan Kabupaten Cirebon

“Dana kami itu hanya 0,4 persen alokasi untuk penanganan sampah. Sepertinya perlu dihitung kembali untuk bisa disampaikan di tingkat pengambil kebijakan,” ungkap Prima pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN).

Menurut penjelasannya, DLH Provinsi Jawa Barat mengelola anggaran sekitar Rp151 miliar untuk tahun 2024. Dari total anggaran tersebut, 70 persennya dialokasikan untuk penanganan sampah, sementara sisanya sebesar 30 persen harus dialokasikan untuk penanganan bidang lingkungan hidup lainnya.

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca, Berikut Ini Sejumlah Wilayah Beroperasi Hujan