Pendaftaran CPNS dan CPPPK Dibuka 31 Mei 2021, Siapkan Dokumen Penting Ini

JABARNEWS I BANDUNG – Seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN), baik calon pegawai negeri sipil (CPNS) maupun calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (CPPPK) untuk tahun 2021 akan segera dibuka.

Para peminat CPNS dan CPPPK mesti segera menyiapkan sejumlah persyaratan, karena proses pendaftaran dan seleksi akan dilaksanakan mulai 31 Mei 2021 sampai 21 Juni 2021.

Baca Juga:  Lewat A. Hassan Scholarship Center, LAZ Persis Targetkan Lahirkan 100 Doktor

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Tjahjo Kumolo menjelaskan, pada tahun 2021 ini seleksi ASN yang dilakukan ialah sebanyak 1.275.384 formasi.

Dari total kebutuhan tersebut, masing-masing untuk mengisi formasi 1.002.616 adalah Guru PPPK, kemudian 70.008 formasi untuk Tenaga Non-Guru PPPK. Lalu pemerintah pun menyediakan formasi 119.094 CPNS.

Sebanyak 1.275.384 formasi ASN yang dibutuhkan itu akan didistribusikan ke instansi pusat dan pemerintah daerah. Komposisi instansi pusat sebanyak 83.669 formasi dan pemerintah daerah sebanyak 1.191.718 formasi.

Baca Juga:  Pedagang di Kawasan Puncak Bogor Siap-Siap Dibongkar Paksa Satpol PP, Catat Ini Waktunya

Deputi Bidang SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Teguh Widjinarko menjelaskan, pendaftaran CPNS tahun ini hanya akan menggunakan satu portal pendaftaran saja.

Portal resmi yang disiapkan pemerintah untuk pendaftaran CPNS adalah Sistem Seleksi Calon ASN atau SSCASN. Portal untuk pendaftaran CPNS ini bisa diakses melalui sscasn.go.id.

Baca Juga:  Pom Mini di Cipinang Bogor Terbakar, Begini Kronologinya

Dia meminta masyarakat yang siap ikut seleksi ASN menyiapkan persyaratan berikut:  Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), Ijazah, Transkrip Nilai, Pas foto, SKCK, dan Dokumen pendukung lainnya. (Red)