Penerimaan CPNS 2018, Bandung Barat Buka Lowongan Untuk 328 CPNS

JABARNEWS | BANDUNG BARAT – Sebanyak 328 lowongan untuk penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 dibuka oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat. Formasi itu merupakan kuota yang ditetapkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, Reformasi, dan Birokrasi (Kemen-PAN RB).

Pelaksana Tugas (Plt.), Sekretariat Daerah KBB, Wahyu Diguna, mengatakan, sebelumnya, Pemkab Bandung Barat mengusulkan 900 formasi. Namun, yang ditetapkan oleh Kemen-PAN RB hanya 328.

Baca Juga:  KPU Kota Bandung Diduga Lakukan Pelanggaran Administrasi Kegandaan Anggota Partai Politik

“Dari ke-328 lowongan tersebut, 76 di antaranya untuk honorer kategori2 (K2)yang terdiri atas 70 formasi tenaga pendidikan dan 6 tenaga kesehatan. Sisanya untuk umum, terdiri atas 69 lowongan untuk tenaga pendidikan, 142 tenaga kesehatan, dan 41 tenaga teknis,” kata di Ngamprah, dikutip pikiran-rakyat.com, Sabtu (15/9/2018).

Dikatakannya, khusus untuk honorer K2, disyaratkan usia maksimal 35 tahun per 1 Agustus 2018. Pendaftaran, lanjutnya, dibuka pada 19 September secara online di situs web Badan Kepegawaian Negara.

Baca Juga:  Ini Daftar Tiga Nama Calon Sekda Jabar, Siapa Saja?

Selanjutnya Wahyu mengungkapkan, jumlah kuota penerimaan CPNS di Bandung Barat masih jauh dari kebutuhan, terutama untuk tenaga kependidikan. Selama ini, sejumlah tenaga pendidikan tersebut masih diisi oleh tenaga honorer.

Baca Juga:  Inilah Sejumlah Fenomena Alam Hiasi Langit Sepanjang 2020

Bahkan di lingkungan Pemkab pun, pegawai masih didominasi tenaga honorer.

“Hal ini tak hanya terjadi di Bandung Barat, tetapi juga dialami hampir semua pemerintah daerah di seluruh Indonesia,” terangnya.

Dia menambahkan, dalam penerimaan CPNS ini pihaknya tidak bisa mengambil kebijakan sendiri, tetapi harus mengacu kepada aturan Kemen-PAN RB. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat