Peralihan KTP Elektronik dari Fisik ke Digital di Purwakarta Butuh Waktu Panjang

Kepala Disdukcapil Kabupaten Purwakarta, Sulaiman Wilman. (Foto: Gin/Jabarnews)

JABARNEWS I PURWAKARTA – Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik yang saat ini berbentuk fisik akan diubah KTP berbasis digital secara bertahap yang bisa diakses melalui gawai dengan aplikasi Digital Id.

Digitalisasi data diri ini dimaksudkan agar publik tidak perlu repot membawa dokumen berbentuk fisik lagi.

Baca Juga:  Keren! 90 Persen Lulusan SMAN 22 Bandung Pilih Lanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Purwakarta Sulaiman Wilman mengatakan, kebijakan ini sedang dipersiapkan oleh Pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) agar perencanaannya benar-benar matang, karena menyangkut keamanan data seseorang sehingga tidak muncul persoalan di kemudian hari.

Baca Juga:  Lokasi SIM Keliling Purwakarta Hari Ini Jumat 6 Januari 2022

“Saat ini sedang diujicobakan di beberapa kabupaten/kota di Indonesia. Di Jawa Barat yaitu di Kota Bandung dan Kuningan, terpusat langsung ke pusat. Artinya yang eksekusi langsung oleh pusat, tidak transit dulu di daerah,” tutur pria yang akrab disapa Wilman, pada Jumat 18 Februari 2022.

Baca Juga:  Ratusan Emak-emak di Purwakarta Lakukan Deklarasi Dukungan Untuk Sandiaga Uno

Dijelaskannya, peralihan ke digitalisasi ini memudahkan masyarakat dalam menunjukan identitas kependudukan ketika berpergian, tinggal membuka ponsel pintar dan semuanya ada di sana.