• Minggu, 28 November 2021

Desa BRILLIAN, Inilah Cara Kemendes-BRI Picu Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat

- Kamis, 7 Oktober 2021 | 19:23 WIB
Direktur Jenderal Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Kemendes PDTT, Harlina Sulistyorini menjadi pembicara dalam Kuliah Online Akademi Desa, di Jakarta, Kamis (7/10/2021)  ( Matin/Humas Kemendes)
Direktur Jenderal Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Kemendes PDTT, Harlina Sulistyorini menjadi pembicara dalam Kuliah Online Akademi Desa, di Jakarta, Kamis (7/10/2021) ( Matin/Humas Kemendes)

JABRNEWS | JAKARTA - Direktur Jenderal Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Harlina Sulistyorini, menjadi narasumber rangkaian Kuliah Online Akademi Desa dengan tema "Penguatan Ekonomi Desa melalui Kerjasama Kemitraan (Pengembangan Desa BRILLIAN)”.

Harlina mengatakan, lokus kebijakan Desa di 74.961 desa dengan Kebijakan SDGs Desa, sebagai upaya lokalisasi SDGs ke dalam konteks Desa di Indonesia.

Adapun Prioritas Penggunaan Dana Desa sendiri diatur dalam Permendesa 7 Tahun 2021. Di antaranya tentang Program Prioritas Nasional sesuai Kewenangan Desa. Program tersebut antara lain: pendataan desa, pemetaan potensi dan sumber daya dan pengelolaan TIK sebagai upaya memperluas kemitraan; pengembangan desa wisata, penguatan ketahanan pangan dan pencegahan stunting.

Baca Juga: Begini Cara Menyambungkan HP Ke TV Dengan Mudah

Baca Juga: Satgas Citarum Harum Bersihkan Eceng Gondok Tumbuh Subur di Waduk Jatiluhur

"Komponen Revitalisasi BUM Desa yang terdiri dari 5 aspek yaitu pendampingan, dukungan permodalan, peningkatan jaringan, penguatan SDM, dan Faktor Koordinasi. Tujuan Utama Bumdes sendiri untuk kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan bukan hanya untuk individu atau kelompok tertentu," kata Harlina, Kamis (7/10/2021).

Baca Juga: Megawati Gulingkan Gusdur? Sekjen PDIP: Itu Fitnah Memantik Perpecahan

Baca Juga: Usia Bukan Halangan, Kakek di Purwakarta Ini Sukses Kembangkan Jamur Tiram

Dikatakan Harlina, penguatan BUMDesa sendiri diatur dalam PP 11/2021 yang mensyaratkan Kegiatan usaha Bumdes tidak boleh bersaing dengan usaha-usaha masyarakat khususnya skala individu dan rumah tangga sehingga dapat mematikan usaha masyarakat.

Halaman:

Editor: Iqbal Safana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X