Pangandaran PPKM Level 1, Tempat Wisata Green Canyon Ditutup Karena Hal Ini

JABARNEWS | PANGANDARAN – Tempat wisata Green Canyon, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, ditutup untuk sementara waktu.

Penutupan tempat wisata air Green Canyon di Pangandaran tersebut tidak terkait dengan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). 

Pasalnya, Pangandaran termasuk daerah yang menerapkan PPKM level 1 berdasarkan Instruksi Mendagri (Inmendagri) terbaru, yakni Nomor 53 Tahun 2021.

Baca Juga: Longsor Batu Timpa Mobil di Deli Serdang, Tiga Orang Meninggal Dunia

Dalam aturan itu, kapasitas kunjungan ke tempat wisata di Pangandaran bahkan dibolehkan meningkat menjadi 75 persen dari kapasitas. Tidak kecuali dengan di Green Canyon.

Baca Juga:  Klaim COVID-19 di Jabar Terkendali, Ridwan Kamil: Tinggal Ekonomi Bangkit

Penutupan sementara tempat wisata Green Canyon di Pangandaran Itu dilakukan karena kondisi air sungai yang cukup deras.

Tim Marketing Body Rafting di Green Canyon, Godi (39) mengatakan, penutupan sementara tempat wisata air di Pangandaran ini dilakukan demi keselamatan wisatawan.

Baca Juga: Waduh! Motor Antre Diangkut Pakai Roda Buat Lintasi Jalur Banjir di Parigi Pangandaran

“Ini karena malam hujan deras di gunung, tadi pagi debit air sungai naik. Jadi, selain deras karena membawa material tanah, warna airnya juga berubah kecoklatan gitu,” katanya, Minggu 24 Oktober 2021.

Baca Juga:  Surati Korporasi Minta THR, Bupati Cirebon Dilaporkan ke Bareskrim Polri

Biasanya, menurut dia, kondisi air di Green Canyon masih jernih dan tidak deras, meskipun hujan turun sehari seharian di daerah Pangandaran.

“Memang kemarin juga debit air naik, tapi tidak seperti sekarang. Kalau sekarang deras, meluap, jadi sementara Wisata Tirta ditutup sementara,” katanya.

Baca Juga: Siswa SMP Korban Tenggelam di Sungai Cilutung Sumedang Ditemukan Tak Bernyawa

Baca Juga:  Serikat Pekerja Peringati May Day Dengan Baksos

“Kalau nanti malam tidak ada hujan di pegunungan, insya Allah besok buka dan untuk perahu bisa beroperasi lagi,” ucap pengelola Green Canyon itu.

Meskipun air sungai deras, ia bersyukur hingga tidak ada kejadian kecelakaan terhadap wisatawan maupun pengelola tempat wisata air Green Canyon.

“Alhamdulilah selamat dan enggak ada kejadian, yang penting kita taat aturan kantor, terus anak buah kapal (juga taat),” ucapnya.***