Atalia Praratya Bilang Produk Jabar Siap Jawab Kebutuhan Pasar Global, Benarkah?

JABARNEWS | BANDUNG – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jabar Atalia Praratya mengatakan, Jabar memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia. Selain itu, produk-produk asal Jabar pun mempunyai kualitas untuk bersaing di pasar global.

“Jawa Barat memiliki potensi yang sangat besar, di mana kualitas produk-produk kami dapat bersaing di kancah internasional. Expo 2020 Dubai merupakan tempat yang strategis dan kami akan terus mendorong dikenalnya produk-produk asal Jawa Barat ke pasar global,” kata Atalia Praratya dalam keterangan yang diterima, Jumat, 29 Oktober 2021.

Menurut Atalia Praratya, perkembangan industri fashion di Jabar sendiri tidak lepas dari berkembangnya industri kreatif.

Baca Juga: Waduh! 5.000 Guru di Tasikmalaya Rawan Jadi Korban Pinjol Ilegal

Baca Juga:  Polisi Amankan Lima Orang Diduga Penyebab Kelangkaan Gas LPG di Kota Banjar

Baca Juga: DPRD Jabar Dorong Revitalisasi Situ Cileunca Pangalengan, Begini Rencananya

Dengan populasi mencapai hampir 50 juta jiwa, lanjut Atalia Praratya, dan sebagai salah satu daerah percontohan untuk industri kreatif, Jabar tidak pernah berhenti memproduksi produk-produk homedecor serta fashion yang sering menjadi trend-setter di kalangan anak muda, termasuk produk halal fashion.

“Batik-batik asal Jabar, seperti batik megamendung, garutan, cianjur bahkan tasik yang menonjolkan penggunaan warna cerah, turut serta dipamerkan di area rolling exhibition di Paviliun Indonesia,” tuturnya.

Baca Juga: Setiawan Wangsaatmaja Dorong Tindak Lanjut Perpres Rebana dan Jabar Selatan

Baca Juga:  Jangan Anggap Sepele, Ini Bahaya Abu Vulkanik Bagi Motor

Baca Juga: Resmikan Kantor Bjb Sekuritas, Ridwan Kamil: Saya Bangga

Produk lain yang menarik perhatian pengunjung adalah produk fashion kekinian seperti jaket berbahan jeans serta sepatu kulit ramah lingkungan yang dibawa oleh salah satu brand fashion asli Jabar.

Selama tujuh hari dipamerkan, ada banyak pengunjung yang ingin sekedar mencoba produk tersebut. Produk homedecor seperti wayang dan tempat makan yang terbuat dari bambu, menjadi produk asal Jawa Barat yang paling banyak ditanyakan oleh pengunjung.

Selain memamerkan potensi produk fashion dan homedecor, Pemda Provinsi Jabar juga memamerkan potensi wisata, seperti Tangkuban Perahu, dan wisata Sawah Berundak di Majalengka, kepada calon investor yang hadir dari berbagai negara di timur tengah, seperti dari Uni Emirat Arab dan Qatar.

Baca Juga:  Jarang Diketahui, Ternyata Ini Asal-Muasal Munculnya Penyakit Fisik Menurut Dr. Zaidul Akbar

Sebelumnya, Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat menggelar forum bisnis bertajuk ‘West Java Talkshow’ pada hari terakhir keikutsertaannya dalam Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai, Rabu 27 Oktober 2021.

Baca Juga: Dipicu Hujan Deras, Longsor Menerjang Dua Kampung di Kabupaten Sukabumi

Baca Juga: 10 Warga Cimahi Meninggal Akibat DBD, Waspadai Kemunculan Nyamuk di Musim Hujan!

Dalam pameran bertaraf intersional tersebut, Jabar memamerkan potensi perdagangan dan peluang investasi. Produk fashion dari Jabar sendiri mendapat atensi yang begitu tinggi dari para pengunjung.***