Kota Bandung Rawan Banjir, Oded M Danial Minta DPU dan Kewilayahan Antisipasi luapan Air

JABARNEWS | BANDUNG –  menginstruksikan aparat kecamatan dan kelurahan berperan aktif bersama Dinas Pekerjaan Umum (DPU) untuk mengantisipasi terjadinya banjir.

Oded M Danial menuturkan, tim DPU melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang tersebar di seluruh wilayah bersiaga apabila terjadi luapan air. Tim DPU juga tetap melaksanakan pekerjaan rutinnya membersihkan drainase, mengeruk sedimentasi, dan mengangkut sampah dari aliran sungai.

“Jadi prinsipnya, kewilayahan sebagai ujung tombak. Saya sudah sampaikan tidak bisa parsial oleh DPU di UPT saja, tetapi harus bekerja sama dengan kewilayahan,” kata Oded M Danial di Pendopo Kota Bandung, Senin, 1 November 2021.

Baca Juga:  Simak! Begini Tips Memilih Bengkel Ac Mobil Dengan Tepat

Baca Juga: Ridwan Kamil akan Sampaikan Pemulihan Sungai Citarum di Konferensi Dunia COP26

Baca Juga: Ramalan Zodiak 2 November 2021: Ada yang Sedang Kesulitan Ekonomi

Oded M Danial menyampaikan, kewilayahan dan DPU harus cekatan memantau sejumlah titik yang berpotensi terjadi luapan. Sekalipun upaya penanganan dengan pendekatan infrastuktur sudah dilakukan. Di antaranya melalui pembuatan kolam retensi, sumur imbuhan dalam dan drumpori yang tersebar cukup masif.

Baca Juga:  Polisi Ajarkan Anak-anak Waspada Tindak Kejahatan

“Saya sudah sampaikan kepada temen-temen PU (Pekerjaan Umum) di lapangan, insyaallah sudah bertindak. Terutama hari ini saat menghadapi musim penghujan. Saya sudah instruksikan kewilayahan,” ucapnya.

Baca Juga: Duh! Kabupaten Tasikmalaya Rawan Terjadi Konflik Sosial Jelang Pesta Demokrasi 2024

Baca Juga: Hanya Dalam Waktu Dua Hari, Tiga Bencana Kabupaten Cianjur

Selain itu, Oded M Danial juga terus mengintensifkan koordinasi dengan sejumlah wilayah perbatasan Kota Bandung. Yakni Kabupaten Bandung Barat yang berada di hulu dan Kota Cimahi serta Kabupaten Bandung di wilayah hilir.

Baca Juga:  Gara-gara Ini Garut Gagal Raih Adipura

Karena, lanjut Oded M Danial, penanganan aliran sungai harus secara menyeluruh baik di kawasan hulu sampai ke hilir.

Sekalipun di Kota Bandung tidak dilanda hujan, namun potensi luapan bisa terjadi. Begitupun ketika penanganan hanya di kota saja maka di bagian hilir bisa meluap.

“Contoh, kalau di Kota Bandung sedimentasi dikeduk, pasti akan banjir ke sana (hilir). Ini yang harus dikerjakan lintas wilayah. Saya harap akan banyak pertemuan atau rapat dan dikomandani oleh provinsi,” tandasnya.***