Puluhan Mahasiswa Berprestasi Asal Papua Dapat Beasiswa di IKOPIN

JABARNEWS | SUMEDANG – Institut Koperasi Indonesia (Ikopin) bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Komoro (LPMAK) memberikan program beasiswa sebanyak 65 putra/putri asal Provinsi Papua.

“Tahun ini jumlah mahasiswa lebih banyak yaitu 65, sebelumnya hanya 10-15 mahasiswa saja,” kata Rektor Ikopin Dr Burhanudin Abdullah, MA usai penerimaan mahasiswa baru asal Papua di Kampus Ikopin, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Sabtu (31/8/2019).

Tahun ajaran sebelumnya, kata dia, Ikopin hanya mendapatkan 10 sampai 15 orang dari Papua yang mendapatkan kesempatan belajar di Ikopin jenjang sarjana atau S1.

Baca Juga:  Hendak Mau Transaksi, Kurir Narkoba Labuhan Batu Ini Ditangkap Petugas

“Banyak univeristas tetapi pada tahun ini mengarahkan ke Ikopin lebih banyak, mungkin diilhami keberhasilan alumni di sana,” katanya.

Ia menyampaikan, para mahasiswa baru asal Papua dari Kabupaten Mimika ini akan mulai mengikuti masa orientasi mahasiswa pada Senin 2 September 2019, untuk selanjutnya akan mengikuti perkuliahan selama empat tahun.

Ikopin, lanjut dia, selalu membuka akses bagi siapa saja, termasuk yang sudah dilakukan dengan orang Papua untuk belajar tentang kewirausahaan, manajemen dan perkoperasian.

Baca Juga:  Markas Prabowo Pindah Ke Jateng, Timses Jokowi Tak Goyah

“Ada program perkuliahan klasikal seperti manajemen, kewirausahaan, kita juga ada bidang khusus, seperti skill kepemimpinan dan olah raga, termasuk karakter,” katanya.

Ia menyampaikan, mahasiswa asal Papua akan menempati asrama yang ada di lingkungan kampus Ikopin yang akan berinteraksi dengan banyak mahasiswa dari berbagai daerah selama perkuliahan.

Ia berharap, mahasiswa asal Papua dapat belajar dengan baik dan dapat menjadi pejabat atau pengusaha besar yang dapat memberikan manfaat untuk diri sendiri, orang lain dan bangsa Indonesia.

Baca Juga:  Waduh! Di Subang Ada Perdagangan Orang Ke Malaysia

Kepala Biro Pendidikan LPMAK, Fransiskus Wanmang menyampaikan terima kasih kepada Ikopin yang mau bekerjasama dengan LPMAK sehingga putra/putri asal Mimika, Papua bisa mendapatkan fasilitas pendidikan di perguruan tinggi.

“Terima kasih Ikopin mau bekerja sama dengan situasi yang keterbatasan kami,” katanya.

Ia menyampaikan, mahasiswa yang bisa kuliah di Ikopin tersebut merupakan mahasiswa pilihan hasil seleksi dari 130 peserta yang dilakukan di Papua. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat