PVMBG Tingkatkan Status Gunung Sinabung Jadi Level Awas

JABARNEWS | BANDUNG – Aktivitas Gunung Api Sinabung menunjukkan pergerakan yang sangat aktif. Minggu (5/8/2018), aktivitas gunung api yang berlokasi di Dataran Tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara itu masuk pada level IV atau awas, Minggu (5/8/2018).

Pantauan dilakukan melalui rekaman seismograf, Sabtu (4/8/2018), tercatat 38 kali gempa hembusan, 3 kali gempa vulkanik dalam dan 2 kali gempa tektobik lokal.

Baca Juga:  Perhatian! Pemerintah Hentikan Kegiatan FPI

’’Dari kemarin (Sabtu 4/8/2018, red) hingga pagi ini visual gunung api dapat teramati jelas hingga tertutup kabut. Teramati asap kawah utama berwarna putih, bertekanan lemah  dengan intensitas tebal  setinggi 300 meter di atas puncak. Angin bertiup lemah hingga sedang  ke arah timur dan tenggara,” jelas Kepala PVMBG, Kementerian ESDM, Kasbani.

Baca Juga:  Berkat Ini, Banjir di Kawasan Gedebage Bisa Diatasi

PVMBG memberikan rekomendasi kepada masyarakat dan pengunjung agar tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari puncak, dan secara sektoral dari puncak dalam jarak 7 km ke selatan-tenggara, 6 km ke tenggara-timur dan 4 km timur-utara.

Mengingat telah terbentuk bendungan di hulu Sungai Laborus maka penduduk yang bermukim di hilir di sekitar daerah aliran sungai Laborus agar tetap menjaga kewaspadaan karena bendungan ini sewaktu waktu dapat jebol karena tidak kuat menahan volume air sehingga mengakibatkan lahar/banjir bandang ke hilir.

Baca Juga:  Banyak Tempat Prostitusi Terselubung, Kasus HIV/AIDS di Kabupaten Subang Tiap Tahun Terus Meningkat

’’Bendungan di Sungai Laborus terbentuk akibat penumpukan endapan awan panas masih berpotensi menyebabkan lahar atau banjir bandang kalau bendungan jebol,’’ papar Kasbani. (Mil)

Jabarnews | Berita Jawa Barat